Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Klaim 1 Juta Orang Hadiri Kampanye, Ini Kapasitas Stadion GBK

Kompas.com - 07/04/2019, 21:25 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut 1 juta pendukungnya hadir dalam kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Para pendukung yang sebagian besar memakai pakaian serba putih itu memenuhi lapangan stadion dan bangku di bagian tribun.

Prabowo juga mengatakan, sekitar ratusan ribu pendukung berada di luar area stadion, tidak bisa masuk karena keterbatasan tempat.

"Panitia, berapa yang sudah hadir di sekitar Senayan? 1 juta lebih," ujar Prabowo di sela-sela kampanyenya.

Baca juga: Prabowo Sebut 1 Juta Pendukungnya Hadir Saat Kampanye Akbar di GBK

Terkait dengan klaim tersebut, berapa sesungguhnya kapasitas Stadion Utama GBK, dan arena di luarnya?

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto menuturkan, Stadion Utama GBK memiliki daya tampung mencapai 78.000 kursi.

“Kapasitasnya 78.000 kursi. Itu total untuk semua kelas penonton,” ujar Winarto ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (7/4/2019).

Baca juga: Fakta Menarik Kecanggihan Stadion Utama GBK Senayan

Di samping itu, area di dalam stadion yang bisa digunakan untuk menampung orang jika ada perhelatan di luar olahraga yaitu lapangan sepak bola dan trek atletik.

Winarto mengungkapkan, secara keseluruhan, lapangan sepak bola dan lintasan atletik dirancang seluas 13.000 meter persegi.

Kembang api diluncurkan pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). INASGOC/Ismar Patrizki/Sup/18.ISMAR PATRIZKI Kembang api diluncurkan pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). INASGOC/Ismar Patrizki/Sup/18.
Dia menambahkan, ada pula area terbuka beraspal seluas 5.000 meter persegi yang mengelilingi bagian luar stadion utama tersebut.

“Daya tampung yang di dalam dan di luar tergantung yang mau pakai. Kalau ada acara, yang di luar mau dipakai juga bisa. Terbuka untuk siapa saja,” imbuh Winarto.

Menurut catatan Kompas.com, ukuran lapangan sepak bola di dalam Stadion Utama GBK yakni 105 meter x 70 meter.

Adapun lintasan atletik berbentuk elips yang terdapat di bagian dalam stadion tersebut memiliki sumbu panjang 176,1 meter dan sumbu pendek 124,32 meter.

Baca juga: Rumput Stadion Utama GBK Dijamin Tidak Mudah Tercabut

Untuk area di bagian luar yang berbentuk melingkar dan mengelilingi Stadion Utama memiliki panjang 920 meter pada ring dalam dan 1.100 meter untuk ring luar.

Jadi, berapa sesungguhnya jumlah pendukung pasangan capres 02 Prabowo-Sandi yang memenuhi Stadion Utama GBK?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com