Hanya Stasiun MRT Lebak Bulus dan Fatmawati yang Cocok Dibangun TOD

Kompas.com - 07/04/2019, 13:58 WIB
Konsep apartemen terintegrasi transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang memudahkan akses transportasi penghuninya dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren hunian modern khas masyarakat di kota besar. Dok PT Pardika Wisthi SaranaKonsep apartemen terintegrasi transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang memudahkan akses transportasi penghuninya dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren hunian modern khas masyarakat di kota besar.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Bidang Transportasi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta Reza Firdaus mengungkapkan, hanya ada dua stasiun dari total 13 stasiun MRT yang masih bisa dikembangkan dengan konsep transit oriented development (TOD).

Dua stasiun tersebut adalah Stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati. Keduanya di wilayah Jakarta Selatan. 

“Kalau paling feasible untuk line yang eksisting sekarang mungkin di Lebak Bulus dan Fatmawati, tapi perlu dilihat status tanah di sekitar situ,” kata Reza menjawab Kompas.com, Jumat (5/4/2019).

Sementara 11 stasiun lainnya sudah dipadati kawasan permukiman padat penduduk, perkantoran, dan juga komersial.

Ke-11 stasiun tersebut adalah Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

“Kalau untuk line MRT yang sudah beroperasi sekarang, di mana sudah terbangun semua, tampaknya susah jika tidak ada upaya densifikasi,” ucap Reza.

Baca juga: MRT Beroperasi, Momentum Bagi DKI Wujudkan Program DP 0 Rupiah

Menurut dia, apabila dilihat dari area jangkauan TOD hingga radius 800 meter dari stasiun MRT, maka beberapa lokasi stasiun yang sudah eksis sekarang bisa dibilang mubazir.

Artinya, sudah tidak bisa dibuat bangunan baru lagi karena telah dipenuhi dengan landed house dan low rise building. Contohnya di Stasiun Cipete, Haji Nawi, dan Blok A.

Selain itu, lanjut Reza, harga tanahnya juga sangat tinggi sehingga tidak memungkinkan untuk dikembangkan lagi.

Adapun di daerah sekitar Stasiun Blok M sampai Bundaran HI juga padat dengan bangunan komersial, perkantoran, pemerintahan, dan jasa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X