Enam Bulan Lagi, Tol Pertama di Sulawesi Utara Siap Dilintasi

Kompas.com - 03/04/2019, 22:02 WIB
Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang bertujuan mendorong pemerataan hasil pembangunan dan mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung Dok. Kementerian PUPRPembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang bertujuan mendorong pemerataan hasil pembangunan dan mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer ditargetkan selesai pada Oktober tahun ini.

Dia mengungkapkan hal itu dalam rangkaian kunjungan ke Provinsi Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019), untuk meninjau berbagai proyek pembangunan infrastruktur dan meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia timur.

“Tadi sudah saya cek, sudah 80 persen selesai. Insya Allah nanti September maksimal Oktober (2019) operasional,” ujar Jokowi dalam akun Instagram Kementerian PUPR, Rabu (3/4/2019).

Keberadaan Tol Manado-Bitung yang akan menghubungkan Kota Manado dan Pelabuhan Internasional Bitung diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas yang saat ini semakin padat.

Baca juga: Ada Jalan Tol, Manado-Bitung Cuma 30 Menit

Selain itu, mampu meningkatkan akses ke pelabuhan tersebut sebagai salah satu pintu ekspor impor di kawasan Indonesia timur.

Progres pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung.Akun Instagram Kementerian PUPR Progres pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung.
Seperti diberitakan Kompas.com, pembangunan Tol Manado-Bitung merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Tol ini dibangun dengan tujuan mendorong pemerataan hasil pembangunan dan mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung sebagai pelabuhan andalan di Sulawesi Utara.

Nantinya tol ini juga akan membantu pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Tol pertama di Sulawesi Utara ini diperkirakan mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Manado ke Bitung yang semula 90 sampai 120 menit menjadi hanya sekitar 30 menit.

"Tol Manado dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 triliun," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (5/2/2019).

Dia menambahkan, Tol Manado-Bitung akan menjadi jalan alternatif sehingga mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X