Dua Rusun Mahasiswa di Sulut Siap Digunakan

Kompas.com - 03/04/2019, 16:16 WIB
Rusun Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara. Kementerian PUPRRusun Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara.


JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua rumah susun (rusun) mahasiswa di Provinsi Sulawesi Utara pada Senin (1/4/2019), yakni Rusun Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tomohon dan Rusun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Kedua rusun itu dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan kedua rusun itu berdasarkan Peraturan Presiden No 100 Tahun 2018 tentang Pembangunan Rumah Susun Khusus pada Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Berasrama.

Selain itu juga berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengajuan Usulan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun Khusus pada Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan Keagamaan Berasrama.

Baca juga: Hari Ini, Basuki Sambangi Rusun Mahasiswa UGM

“Ini dalam rangka ketersediaan fasilitas hunian bagi peserta didik yang dekat dengan tempat belajar di perguruan tinggi untuk meningkatkan aksesibilitas dalam proses belajar dan beraktivitas secara efektif dan efisien,” ujar Khalawi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/4/2019).

Rusun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di Provinsi Sulawesi Utara.Kementerian PUPR Rusun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di Provinsi Sulawesi Utara.

Rusun UKI Tomohon terdiri dari tiga lantai dan berisi 37 unit dengan tipe 24. Kapasitasnya bisa menampung hingga 144 orang mahasiswa.

Biaya pembangunannya sebesar Rp 10,8 miliar menggunakan anggaran Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR tahun 2018.

Sementara itu, Rusun IAIN Manado terdiri dari empat lantai yang berisi 50 unit bertipe 24. Daya tampungnya bisa mencapai 196 orang mahasiswa.

Pembangunannya menghabiskan dana Rp 11,5 miliar yang juga diperoleh dari anggaran Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR tahun 2018.

Kedua rusun itu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dasar, yaitu tempat tidur tingkat, tempat tidur standar difabel, lemari, serta meja dan kursi belajar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X