Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Menguat, Apartemen Skandinavia Terjual 10 Unit Per Bulan

Kompas.com - 01/04/2019, 15:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS, mampu mengembalikan kepercayaan investor terhadap prospek investasi properti Indonesia.

Tercatat per 1 April 2019 pagi, kurs Rupiah terus bergerak naik 10 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp 14.233 dari sebelumnya Rp 14.243 per dollar AS.

Hal ini berdampak positif pada penjualan apartemen. Skandinavia di Tangerang, contohnya. Apartemen yang dikembangkan PT Pancakarya Griyatama ini terserap pasar sebanyak 10 unit setiap bulannya.

Direktur PT Pancakarya Griyatama Norman Eka Saputra mengatakan, optimisme dan sentimen positif ini akan terus berlanjut seiring makin perkasanya Rupiah.

Baca juga: Tahun Politik, Pohon Group Sukses Menjual Dua Proyek Sekaligus

"Penjualan mungkin akan terus naik ya, dan keadaan kami perkirakan bakal lebih baik setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019," kata Norman dalam keterangan kepada Kompas.com, Senin (1/4/2019).

Hingga awal April ini, lanjut dia, penjualan apartemen Skandinavia sudah 75 persen dari total 1.065 unit yang dipasarkan. 

Harga jualnya telah mengalami pertumbuhan sekitar 10 hingga 15 persen dari penawaran perdana.

"Kami yakin seluruhnya 100 persen habis pertengahan tahun ini," sambung Norman. 

Apartemen Skandinavia yang berada di kawasan pengembangan superblok Tangcity, mulai diserahterimakan secara bertahap.

Catatan terakhir, sebanyak 150 unit sudah berpindah tangan kepada pemilik, dan sebagian besar telah dihuni.

Tak hanya itu, kegiatan harian juga sudah semakin terlihat, khususnya pada lantai podium yang terdapat fasilitas kolam renang, wellness center dan Nordic Corner yang merupakan balai warga.

Beragam strategi diterapkan pengembang guna menggaet lebih banyak konsumen. Di antaranya menggelar open house, calon konsumen dapat melihat show unit serta fasilitas hunian yang telah rampung.

Strategi bisnis lainnya yang diterapkan pengembang adalah melakukan konversi 300 unit dari total 1.065 apartemen Skandinavia, menjadi properti hospitalitas atau dikenal dengan sebutan apartel. 

Brand yang akan diperkenalkan kepada publik adalah Fika Rooms dengan peluncuran secara resmi pada September 2019 mendatang.

Tangcity Superblock sendiri dikembangkan di atas lahan seluas 10 hektar. Saat ini sudah terbangun TangCity Mall, TangCity Business Park, dan Novotel Tangerang.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com