Debat Capres: Prabowo Sebut Indonesia Seluas Eropa

Kompas.com - 31/03/2019, 08:29 WIB
Teluk Kabui, Raja Ampat. Foto diambil pada Kamis (27/9/2018). KOMPAS.com/DIAN MAHARANITeluk Kabui, Raja Ampat. Foto diambil pada Kamis (27/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan, luas wilayah kedaulatan Indonesia setara dengan Benua Eropa.

Hal itu disampaikan Prabowo saat debat pilpres putaran keempat yang dilangsungkan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Saat itu, tema yang dibahas adalah mengani diplomasi. Awalnya, Prabowo menyebut, diplomasi merupakan hal penting guna menyampaikan kepentingan nasional sebuah negara. Baik itu melalui jalan perundingan maupun pengiriman diplomat.

"Tetapi, diplomasi tidak bisa hanya menjadi mediator. Itu penting, tapi ujungnya diplomasi itu harus merupakan bagian dari upaya kepentingan nasional, inti sebuah negara dan untuk itu diplomasi hanya bisa dan harus di-back up oleh kekuatan," sebut Prabowo.

Ia menambahkan, salah satu tugas seorang diplomat adalah menghitung kekuatan negara tempat dia bertugas. Termasuk, menghitung kekuatan militer, serta pertahanan dan keamanan.

Saat menyinggung hal tersebut, Prabowo kemudian menyebutkan soal luas wilayah Indonesia yang sama dengan luas wilayah Eropa.

"Pak Jokowi, tolong, penasehat militernya. Bukan saya tidak percaya sama TNI," ucap Prabowo.

"(Tapi) kapal selam berapa yang kita miliki? Jenisnya berapa? Kemampuannya berapa? Kita negara seluas Eropa, berapa sky drone fighter? Kita punya peluru kendalinya berapa?" imbuh dia.

Namun, benarkah wilayah Indonesia seluas Eropa?

Melansir Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah daratan Indonesia yang terdiri atas 17.504 pulau hanya mencapai 1,9 juta juta kilometer persegi.

Sementara, berdasarkan data yang dilansir dari Geografi.org, luas daratan Eropa mencapai 10,9 juta kilometer persegi.

Artinya, bila keduanya dibandingkan, luas Indonesia hanya 17,4 persen luas Benua Eropa.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X