Kompas.com - 27/03/2019, 12:15 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) di Semarang, Rabu (27/3/2019).

Pelantikan ini sebagai tindak lanjut atas terbitnya izin prinsip pendirian Politeknik PU dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Politeknik ini diklaim memiliki keunggulan dibanding politeknik lain karena didesain untuk menghasilkan tenaga terampil yang profesional, bersertifikat, dan berdaya saing tinggi.

Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Indratmo SoekarnoKompas.com/ERWIN HUTAPEA Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Indratmo Soekarno
Penerapannya dilakukan melalui inovasi dalam proses belajar mengajar, kualitas pembelajaran, dan fasilitas yang disediakan.

Baca juga: Pemerintah Manfaatkan Data Kependudukan Percepatan Sertifikasi

"Saya ingin politeknik ini menjadi unggulan tidak hanya di Jawa Tengah, tapi juga di Indonesia. Kita butuh tenaga terampil, tanpa dukungan itu manajemen PUPR tidak akan bisa tangguh," tutur Basuki.

Ada tiga program studi (prodi) dalam Politeknik PU ini, yaitu Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, serta Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Ketiganya diharapkan mampu mendukung secara langsung ruang lingkup pekerjaan Kementerian PUPR.

Nantinya akan dibuka juga program studi lain sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri konstruksi.

"Tiga prodi itu hal yang biasa, tapi saya ingin di dalamnya ada hal-hal yang luar biasa. Jadi spesialis di bidang ke-PU-an, bisa dibanggakan, jadi acuan dan unggulan," imbuh Basuki.

Politeknik PU akan memberikan sertifikasi profesi level terampil kepada para mahasiswa yang lulus sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Selain itu, politeknik ini juga akan mengadakan on the job training (OJT) dan kerja praktik yang benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan agar lulusannya lebih siap kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.