Jokowi Sebut Pembangunan Tol Pertama di Aceh Lampaui Target

Kompas.com - 27/03/2019, 10:35 WIB
Capres petahana Joko Widodo dan sang istri Iriana Jokowi mengacungkan jempol di acara kampanye terbuka di Taman Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Provinsi Riau, Selasa (24/3/2019). Agus Suparto/ Fotografer KepresidenanCapres petahana Joko Widodo dan sang istri Iriana Jokowi mengacungkan jempol di acara kampanye terbuka di Taman Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Provinsi Riau, Selasa (24/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo ( Jokowi) menilai, pembangunan jalan bebas hambatan pertama di Provinsi Aceh, Tol Banda Aceh-Sigli, telah melampaui target yang ditentukan.

"Saya sangat mengapresiasi masyarakat Aceh karena mendukung pembangunan tol, yakni hingga saat ini pembangunannya berjalan dengan baik, bahkan melampaui target," ucap Jokowi saat kampanye terbuka di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, seperti dilansir dari Antaranews.com, Selasa (26/3/2019).

Menurut dia, sejauh ini lahan yang telah dibebaskan dan dibersihkan mencapai 21 kilometer dari total kebutuhan sepanjang 75 kilometer.

Padahal, groundbreaking atau peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan baru dilaksanakan pada pertengahan Desember 2018.

"Laporan yang saya terima hari ini melampaui target," kata dia.

Pekerjaan di Tol Banda Aceh-SigliKementerian PUPR Pekerjaan di Tol Banda Aceh-Sigli

Ia menilai, pesatnya pembangunan jalan tol ini tidak terlepas dari dukungan dan keinginan masyarakat Aceh untuk segera memiliki jalan tol yang tersambung hingga ke Lampung.

"Masyarakat Aceh sangat mendukung sekali kehadiran tol sebab pembangunannya berjalan lancar. Kalau pembebasannya bermasalah, berarti itu tidak mendukung," ujarnya.

Kehadiran jalan tol ini diyakini Jokowi akan mempercepat arus kendaraan logistik dan transportasi serta meningkatkan daya saing barang yang lebih kompetitif.

Ia pun menargetkan, wilayah Aceh hingga Lampung akan tersambung jalan tol sepanjang 2.700 kilometer pada 2024.

Dalam catatan Kompas.com, hingga kini pembebasan lahan untuk pembangunan tol ini telah mencapai 29,18 persen atau sekitar 21,83 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X