Presiden Canangkan Pembangunan Fase 2 MRT Jakarta

Kompas.com - 24/03/2019, 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan MRT, Minggu (24/3/2019) di Bundaran HI, Jakarta Pusat.Kompas.com / Tatang Guritno Presiden Joko Widodo meresmikan MRT, Minggu (24/3/2019) di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Trase Moda Raya Terpadu (MRT) dipastikan segera bertambah. Menyusul Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melanjutkan pembangunan proyek MRT Utara-Selatan.

Saat ini, proyek utara-selatan yang dirancang mulai dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan, yang telah beroperasi adalah Fase 1 mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI sepanjang 16 kilometer.

Adapun lanjutan Fase 2 akan terbentang mulai dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan sepanjang 8 kilometer.

Baca juga: Secara Bertahap, Penumpan MRT Jakarta Diperkirakan 130.000 Per Hari

"Hari ini juga tadi kita canangkan untuk masuk fase yang kedua ke utara," kata Presiden saat peresmian MRT di Bundaran HI, Minggu (24/3/2019).

Setidaknya, dibutuhkan anggaran Rp 22,5 triliun untuk merealisasikan pembangunan fase lanjutan ini.

Tingginya biaya pembangunan lantaran sebagian besar trase fase ini berada di dalam tanah dan memiliki medan yang cukup sulit.

Nantinya, ada delapan stasiun di sepanjang trase ini mulai dari Sarinah, Monumen Nasional, Harmoni, Sawah Besar, Glodok dan Kota

Adapun untuk Kampung Bandan, selain sebagai stasiun juga akan bertindak sebagai depo layaknya Stasiun Lebak Bulus.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X