Juni, Transaksi Tanpa Henti Berlaku di Seluruh Tol Jadebotabek

Kompas.com - 22/03/2019, 21:36 WIB
Uji coba sistem transaksi tanpa henti di Jalan tol Sedyatmo oleh PT Jasa Marga Tbk berlangsung pada Jumat (22/3/2019). Dokumentasi Jasa MargaUji coba sistem transaksi tanpa henti di Jalan tol Sedyatmo oleh PT Jasa Marga Tbk berlangsung pada Jumat (22/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operation (JMTO) Septerianto Sanaf mengatakan, penerapan sistem transaksi tanpa henti di gerbang tol (GT) akan dilakukan secara bertahap.

Di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek) bakal berlaku minimal satu gardu tiap gerbang pada pertengahan tahun ini.

"Jabodetabek sudah mulai masuk nih, kita perkirakan mungkin Juni sudah bisa served Jabodetabek semua," ucap Septerianto di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Begini Cara Bertransaksi Tanpa Henti di Jalan Tol

Saat ini, uji coba tengah dilakukan di GT Kapuk dan GT Cengkareng pada ruas Tol Sedyatmo atau Tol Bandara. Uji coba itu melibatkan internal BUMN yakni Angkasa Pura, Damri dan Garuda.

Seluruh mobil operasional ketiga perusahaan pelat merah itu telah dipasang stiker Radio Frequency Identification (RFID), yang merupakan teknologi yang dipilih PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada uji coba single lane free flow (SLFF).

Baca juga: Sejumlah Manfaat Transaksi Tanpa Henti di Jalan Tol

"Tapi itu kami akan tetap konservatif, kita coba ke BUMN dulu, baru nanti kami launch ke retail," kata Septerianto.

Adapun untuk uji coba pada ruas Tol Trans Jawa, ia menargetkan, dapat dilaksanakan paling lambat akhir tahun ini setelah proses evaluasi dilaksanakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X