3 Gedung Berfasilitas Air Terjun Buatan

Kompas.com - 22/03/2019, 07:00 WIB
Gedung bernama Liebian International Plaza ini salah satu pencakar langit yang memmiliki tinggi 121 meter. Gedung bernama Liebian International Plaza ini salah satu pencakar langit yang memmiliki tinggi 121 meter.

KOMPAS.com - Tak perlu bepergian jauh ke dalam hutan, air terjun saat ini bisa ditemukan di mana saja.

Arsitek dan desainer kini berlomba-lomba membuat air terjun buatan sebagai pelengkap desain suatu bangunan atau kawasan.

Bahkan air terjun buatan kini menjadi salah satu atraksi untuk menarik perhatian pengunjung, seperti:

Liebian International Building, China

Bahkan satu jam pertunjukan air terjun menghabiskan dana tagihan sebesar 118 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta Bahkan satu jam pertunjukan air terjun menghabiskan dana tagihan sebesar 118 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta
Gedung pencakar langit di China barat daya ini diklaim oleh pemiliknya mempunyai air terjun buatan terbesar di dunia.

Air terjun dengan ketinggian 108 meter ini mengalir ke gedung pencakar langit di tengah kota Guiyang.

Baca juga: Sensasional, China Punya Air Terjun Buatan Terbesar di Dunia

Gedung bernama Liebian International Plaza ini salah satu pencakar langit yang memiliki tinggi 121 meter. Di dalamnya terdapat kompleks hotel, pusat perbelanjaan, dan juga perkantoran.

Air yang mengalir berasal dari tanki besar yang berada di dalam tanah. Tanki ini bertugas untuk menyerap dan menyimpan air hujan, sehingga air yang digunakan merupakan air daur ulang.

Jika ingin mengaktifkan air terjun, maka diperlukan waktu dua jam lamanya untuk persiapan. Air terjun ini juga membutuhkan empat buah pompa air berdaya 185 kilowatt.

Bandara Jewel Changi, Singapura

Air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia bernama Rain Vortex di Bandara Jewel Changi, Singapura.Dezeen.com Air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia bernama Rain Vortex di Bandara Jewel Changi, Singapura.
Bandara Jewel Changi, Singapura, segera membuka fasilitas air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia yang diberi nama Rain Vortex.

Ketinggiannya mencapai 40 meter dan dijadwalkan akan dibuka pada 17 April 2019.

Baca juga: Sebulan Lagi, Bandara Jewel Changi Punya Air Terjun Tertinggi di Dunia

Pada malam hari, Rain Vortex akan menyuguhkan pertunjukan tata cahaya 360 derajat dan tata suara yang diproyeksikan ke bagian atas dengan sistem yang dirancang oleh WET Engineering.

Fallingwater, AS

FallingwaterCarol M Highsmith Fallingwater
Rumah rancangan Frank Lloyd Wright di Pennsylvania ini dilengkapi dengan air terjun buatan. Hunian dengan air terjun buatan ini merupakan salah satu karya ikonik dari arsitek kawasan itu.

Bahkan rumah yang dibangun di atas air terjun setinggi 9 meter di Bear Run, dinobatkan sebagai "karya arsitektur Amerika terbaik sepanjang masa" oleh American Institute of Architects.

Kini, rumah tersebut dibuka untuk publik dan digunakan sebagai tempat kegiatan wisata dan acara lainnya.

Saat ini, keluarga itu mempercayakan rumah mereka pada Western Pennsylvania Conservancy agar bisa dinikmati oleh semua orang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X