Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Ganda Atap Sekolah sebagai Amfiteater dan Taman Herbal

Kompas.com - 19/03/2019, 23:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Akademia High School di Warsawa, Polandia, dirancang sebagai alternatif dari sekolah tradisional.

Bangunan sekolah menyediakan atap yang didesain dengan gaya mirip amfiteater atau tribun. Atap ini difungsikan sebagai taman sekaligus tempat duduk bagi warga sekolah.

Struktur bangunan ini digunakan untuk menanam tanaman obat atau herbal yang nantinya digunakan pula oleh kantin.

Baca juga: Atap Gedung Ini Melindungi Interior dari Sinar Matahari

Selain sebagai ruang hijau, atap juga berfungsi menjadi ruang pertemuan antara guru dan murid untuk beberapa mata pelajaran seperti biologi, geografi, atau sastra.

Sekolah ini dirancang dengan bentuk C yang mengelilingi halamanMedusa Group Sekolah ini dirancang dengan bentuk C yang mengelilingi halaman
Gedung Akademia High School yang dirancang oleh Medusa Group ini merupakan sekolah di mana para muridnya belajar dalam sebuah meja berbentuk oval.

Lebih lanjut para guru di sekolah ini tidak memiliki ruangan khusus. Gaya belajar di tempat ini didesain khusus agar para murid merasa nyaman di sekolah.

"Ini adalah dasar untuk menciptakan suasana yang akan mendorong orang untuk tetap berada di sekolah di luar jam pelajaran," lanjut Medusa Group.

Sekolah ini dirancang dengan bentuk C yang mengelilingi halaman. Kantin sekolah dirancang layaknya restoran. Selain itu, ruangan kantin dapat diubah dan disesuaikan untuk berbagai fungsi seperti ruang baca atau arena pertunjukan.

-Medusa Group -
Fasad bangunan dilengkapi dengan clad yang terbuat dari logam dan kayu yang memberikan privasi dan menciptakan efek tembus cahaya.

Sementara di sudut utara fasad lantai dasar terbuat dari akca yang memberikan pemandangan ke ruang masuk.

"Kami ingin anak-anak muda duduk di atas apa yang mereka sukai di kota. Di ruang kelas mereka duduk di kursi, tetapi ada juga area di mana Anda bisa berbaring dan berjemur," jelas studio tersebut.

Sekolah ini mendapatkan peringkat LEED Platinum untuk solusi bangunan ramah lingkungan dan hemat energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com