Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Stasiun MRT, Ini Salah Satu Apartemen yang Diuntungkan

Kompas.com - 18/03/2019, 11:43 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji coba operasionalisasi mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) di Jakarta resmi dimulai pada Selasa (12/3/2019). 

Ini merupakan bagian dari pembangunan MRT fase pertama dengan rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dalam rute ini terdapat 13 stasiun dengan total lintasan sepanjang 16 kilometer.

Ke-13 stasiun itu, yakni Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

Kehadiran MRT ini tentunya memberikan keuntungan bagi masyarakat karena bisa menggunakan transportasi publik yang aman, nyaman, dan terjangkau dengan jadwal keberangkatan yang teratur.

Selain itu, ada berbagai pihak yang mendapat manfaat dari keberadaan MRT ini, misalnya perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hunian yang berada di sekitar stasiun yang menjadi jalur lintasan MRT.

Baca juga: Apartemen Milenial dekat Kampus Undip Semarang Rampung Akhir 2019

Otomatis nilai jual dan sewa dari unit residensial dan komersial yang ada di sekitar setiap stasiun MRT akan meningkat. Sebagai contoh yaitu Apartemen Poins Square yang berada di samping Stasiun Lebak Bulus.

Di apartemen itu terdapat unit yang bisa disewakan dan djual. Dari penelusuran Kompas.com di salah satu situs penyewaan apartemen, unit yang disewakan bervariasi, mulai 76 meter persegi sampai 108 meter persegi.

Jumlah kamar tidur dan kamar mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tergantung luas unit apartemen yang akan disewa.

Sedangkan fasilitas yang ada berupa kolam renang, arena bermain anak, restoran, jasa cuci pakaian, mesin ATM, pusat kebugaran, minimarket, area parkir, dan lain-lain.

Harga swwa dipatok beragam, bisa harian atau bulanan. Sebagai contoh, untuk 1 kamar tidur harganya Rp 500.000 per hari, 2 kamar tidur seharga Rp 700.000 per hari, dan 3 kamar tidur harganya Rp 900.000 per hari.

Kemudian, sewa bulanan, tarifnya mulai dari Rp 12 juta untuk 1 kamar tidur, Rp 15 juta untuk 2 kamar tidur, dan Rp 21 juta untuk 3 kamar tidur.

Pengelola juga membuat paket sewa yang berlaku untuk 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Sementara itu, unit apartemen yang dijual misalnya berukuran 133 meter persegi yang terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, serta masing-masing 1 kamar tidur dan kamar mandi untuk asisten rumah tangga. Unit tersebut dijual seharga Rp 2,3 miliar.

Saat ditanya mengenai efek dari pembangunan MRT terhadap transaksi sewa, Asisten GM Marketing Poins Square Widya mengatakan cukup signifikan.

“Membaik, ada peningkatan lebih kurang 10 persen dari data kami sekitar 1 sampai 2 minggu ini,” ujar Widya saat dihubungi Kompas.com, pada Senin (18/3/2019).

Dia mengatakan, angka itu berlaku untuk penyewaan kios dan apartemen. Saat ini terdapat 500 unit kios serta 322 unit apartemen di Tower A dan B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com