Siasat Jitu agar Rumah Terkesan Lebih Luas

Kompas.com - 14/03/2019, 23:33 WIB
konsep Kat Lukonsep

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin mahalnya harga properti membuat ukuran hunian kian menyusut. Bahkan di perkotaan, hal ini dianggap wajar mengingat realita keterbatasan lahan.

Melansir Forbes, ada beberapa elemen tertentu yang membuat rumah dapat terlihat lebih besar.

Baca juga: Desain Inspiratif untuk Rumah Mungil Kurang dari 30 Meter Persegi

Salah satu fitur paling penting yang dibutuhkan rumah kecil adalah banyaknya ruang penyimpanan. Saat membangun rumah kecil, setiap sudut harus digunakan dengan bijak.

Untuk itu, pemilihan lemari penyimpanan built-in bisa menjadi salah satu opsi.

Kemudian, Anda dapat merancang rumah dengan langit-langit yang tinggi untuk memberikan kesan lega sekaligus sirkuliasi udara yang baik. Anda juga dapat meminimaliasi keberadaan lorong di dalam rumah.

Apartemen seluas 36 meter persegi itu dirancang cukup dengan dua ruang utama.Kat Lu Apartemen seluas 36 meter persegi itu dirancang cukup dengan dua ruang utama.
Tidak hanya karena kurangnya lorong ini memberikan lebih banyak ruang untuk kamar tetapi juga menghindari energi yang terbuang untuk memanaskan dan mendinginkan area yang tidak diperlukan.

Keberadaan lorong juga dapat memakan tempat yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Baca juga: Desain Inspiratif Rumah Mungil Kurang dari 40 Meter Persegi

Akses menuju ke luar ruangan juga perlu diperhatikan. Agar rumah tak terasa sumpek, pintu menuju ke halaman baik depan maupun belakang sebaiknya dibuat lebih lebar.

Cara lainnya adalah dengan memaksimalkan pencahayaan alami. Membangun atau memilih rumah dengan pencahayaan alami yang baik memiliki manfaat besar, salah satunya adalah tagihan listrik yang rendah dan lebih nyaman.

Selain itu, ruangan yang terang membuat interior rumah terlihat lebih besar.

Sebuah struktur kayu terbuka digunakan untuk memisahkan dua area ini. Maxime Vantorre Sebuah struktur kayu terbuka digunakan untuk memisahkan dua area ini.
Banyak orang sering membangun rumah yang lebih besar daripada yang sebenarnya mereka butuhkan. Mayoritas berpendapat, semakin luas rumah maka semakin banyak barang yang dapat disimpan.

Bahkan tak sedikit yang menginginkan rumah yang lebih besar karena hunian lama dirasa terlalu sempit. Padahal, masalah dengan luas rumah adalah tentang akumulasi barang yang terlalu banyak dan bukannya kekurangan ruang.

Anda dapat memilah barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan dan membuangnya atau menyimpannya di tempat tertentu. Pastikan keberadaan barang-barang tersebut tersembunyi dan tidak terlihat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X