Desain Inspiratif Rumah Mungil Kurang dari 40 Meter Persegi

Kompas.com - 13/03/2019, 22:02 WIB
Penghuni akan mendapati sebuah lemari yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.Ilya Ivanov Penghuni akan mendapati sebuah lemari yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

KOMPAS.com - Tuntutan zaman kini membuat desain hunian kini mengedepankan fungsionalitas.

Agar tak jenuh dengan konsep dan model interior mungil yang monoton, berikut inspirasi desain hunian dengan luas tak lebih dari 40 meter persegi.

Studio Bazi, Moscow (luas 35 meter persegi)

Rancangan utamanya adalah dengan membuat ruang terbuka yang nyaman. Rumah yang dibangun seluas 35 meter persegi ini dirancang dengan perabot yang multifungsi.

Penghuni akan mendapati sebuah lemari yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Di atas lemari terdapat tempat sebuah ruang kecil yang digunakan sebagai tempat tidur.

Baca juga: Desain Inspiratif untuk Rumah Mungil Kurang dari 30 Meter Persegi

Meski kecil, namun tempat tidur ini dirancang dengan mengedepankan kenyamanan. Dinding dan atapnya dilapisi oleh lembaran kayu pinus.

Pemilihan elemen kayu ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada interior sekaligus memberi pembeda dengan area lainnya. Ilya Ivanov Pemilihan elemen kayu ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada interior sekaligus memberi pembeda dengan area lainnya.
Tempat tidur kayu ini memberikan privasi yang memisahkan ruangan dengan area lain di dalam rumah.

Pemilihan elemen kayu ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada interior sekaligus memberi pembeda dengan area lainnya.

DenahIlya Ivanov Denah
Sebuah tirai dipasang untuk memisahkan dapur dan ruang tamu dari pintu masuk. Sementara ruang makan dan aktivitas dirancang dengan fleksibel.

Penghuni hanya perlu menggeser sofa dan memperluas meja makan, maka ruangan tersebut dapat digunakan untuk menampung hingga 10 tamu.

Yojigen Poketto (luas 33,6 meter persegi)

Dari pintu masuk, penghuni langsung mendapati penyimpanan, dan ruang bersantai.Imagen Subliminal Dari pintu masuk, penghuni langsung mendapati penyimpanan, dan ruang bersantai.
Pengaturan denah rumah seluas 33,6 meter persegi ini didasarkan pada bentuk L.

Dari pintu masuk, penghuni langsungmendapati penyimpanan, dan ruang bersantai.

Pengaturan ini membuat area utama yang terletak di ujung bentuk L tersebut menjadi bebas dan menjadi ruang paling luas.

Di ujung ruangan tersebut juga terdapat jendela yang mengalirkan sinar matahari, sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas.

Manfaat lain adalah, ruangan ini terlindung dari pintu masuk yang memberikan privasi bagi penghuni.

Selain penataan ruang yang berbentuk L tersebut, hunian ini juga dirancang dengan dua level atau tingkatan. Kamar tidur dan kamar mandi dirancang dengan perbedaan ketinggian hingga 90 sentimeter.

-Imagen Subliminal -
Perbedaan ketinggian ini bukan hanya memberikan atmosfer berbeda, namun juga memiliki fungsi tambahan.

Pada kamar mandi, perbedaan ini berfungsi untuk menambahkan fitur bathtub buatan. Sementara pada kamar tidur, berfungsi untuk menambahkan tempat penyimpanan.

DenahImagen Subliminal Denah
Keunikan lain ada pada furnitur yang digunakan. Untuk mengatasi perbedaan ketinggian, sebuah tangga kayu dipasang pada muka ruangan.

Tangga ini juga memiliki fungsi ganda sebagai tempat penyimpanan.

Catseye Bay Design (luas 36 meter persegi)

Apartemen seluas 36 meter persegi itu dirancang cukup dengan dua ruang utama.Kat Lu Apartemen seluas 36 meter persegi itu dirancang cukup dengan dua ruang utama.
Cara cerdas untuk memanfaatkan kekurangan ruang dilakukan oleh studio Catseye yang berbasis di Sydney, Australia.

Apartemen seluas 36 meter persegi itu dirancang cukup dengan dua ruang utama yang terbagi menjadi area santai dan kamar tidur.

konsepKat Lu konsep
Pemisahnya pun cukup sederhana yakni dengan struktur melengkung yang berfungsi sebagai lemari penyimpanan.

Rancangan interior apartemen ini terlihat sangat bersih dari beragam furnitur. Hanya ada satu buah kursi dan meja yang menghadap langsung ke jendela.

Sementara beberapa ruang lain seperti dapur dan kamar mandi terpisah di ruangan lain.



Close Ads X