Lippo Karawaci Jual Lippo Mall Puri

Kompas.com - 14/03/2019, 20:26 WIB
Ilustrasi malThinkstock/YiuCheung Ilustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk ( LPKR) Lippo Karawaci melalui anak usahanya PT Mandiri Cipta Gemilang menjual Lippo Mall Puri (Puri Mall) kepada Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMRIT).

Perjanjian penandatanganan jual beli bersyarat (CSPA) dilakukan Senin (11/3/2019) dengan total nilai penjualan 260 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (12/3/2019), akuisisi ini ditargetkan selesai pada semester kedua 2019.

Sebagai bagian dari penjualan Puri Mall, perseroan harus membayar pajak dan biaya-biaya lain terkait transaksi tersebut dan kewajiban sewa REIT sebesar 60 juta dollar AS atau senilai Rp 856 miliar.

Baca juga: S&P Turunkan Peringkat Lippo Jadi CCC+

Selain itu, LPKR berkomitmen untuk mempertahankan 30,7 persen sahamnya di LMIRT dengan berpartisipasi dalam rencana penggalangan modal yang terkait dengan akuisisi Puri Mall.

Hal ini diperkirakan membutuhkan dana sekitar 60 juta dollar AS ekuivalen Rp 856 miliar dari LPKR.

Penjualan salah satu komponen ritel ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan rencana divestasi aset, dengan target mendapatkan dana sebesar 280 juta dollar AS atau senilai Rp 3,998 triliun hingga akhir 2019.

Selain Puri Mall, LPKR sebelumnya tercatat juga melakukan penjualan saham pada dua usaha patungan di Myanmar kepada OUE Lippo Healthcare Limited.

Kedua usaha tersebut adalah Yoma Siloam Hospital Pun Hlaing Limited dan Pun Hlaing International Hospital Limited, masing-masing sebesar 40 persen dan 35 persen saham.

Ganti nakhoda

Pada saat yang sama LPKR juga mengumumkan penunjukan John Riady sebagai Chief Executive Officer atau CEO, Surya Tatang sebagai Chief Financial Officer (CFO), Peter Yu sebagai Director of Projects, dan Bret Matthew Ginesky sebagai Head of Investor Relations.

Sementara Marshall Martinus akan melanjutkan tugasnya sebagai Chief Operating Officer (COO).

John Riady merasa terhormat memegang jabatan sebagai CEO Perseroan. Dia melihat peluang yang besar untuk membangun salah satu pengembang properti terintegrasi di Indonesia.

Dia menyatakan akan mendorong keunggulan operasional, fokus, dan pendekatan yang lebih disiplin dalam alokasi modal.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Dewan Komisaris dan tim manajemen LPKR yang baru untuk memberikan nilai yang lebih besar kepada para pemegang saham kami," kata John.




Close Ads X