Mengintip Zona Demiliterisasi di Korea

Kompas.com - 10/03/2019, 14:36 WIB
Seorang turis berfoto di Goseong Unification Observatory yang berada di Zona Demiliterisasi Korea.CNN Seorang turis berfoto di Goseong Unification Observatory yang berada di Zona Demiliterisasi Korea.

KOMPAS.com - Apa saja tempat yang bakal Anda sambangi ketika bertandang ke Korea?

Barang kali zona demiliterisasi bisa menjadi salah satu lokasi yang patut Anda pertimbangkan.

Selain menjadi salah satu kawasan perbatasan di dunia yang paling banyak dijaga militer, tempat ini juga menjadi menjadi magnet turis.

Berdasarkan catatan Organisasi Pariwisata Korea yang dilansir CNN, tak kurang dari 1,2 juta pelancong yang datang ke tempat ini setiap tahunnya.

Saat menyambangi tempat selebar 2,5 mil ini, Zona Kawasan Bersama (JSA) dan zona gencatan senjata Panmunjom ada di benak Anda.

Panmunjom mudah dikenali karena Ruang Konferensi Komisi Gencatan Senjata Militernya yang berwarna biru dan melintasi garis demarkasi militer.

Sedikit mengejutkan, karena lokasi ini dilindungi oleh kawat berduri dan personel militer. Bahkan, mantan Presiden AS Bill Clinton yang menyambangi tempat ini pada 1993 menyebutnya sebagai tempat paling menakutkan di bumi.

"Panmunjom merupakan bagian dari Zona Demiliterisasi yang paling banyak dikunjungi dari kedua belah pihak," ucap Direktur Pelaksana Koryo Tours, Simon Cockerell.

"Di tempat ini, kamu bisa melihat garis depan perbatasan dari dekat dan bahkan melintasi di dalamnya (ruang konferensi)," imbuh Simon.

Ada dua tempat yang paling menarik untuk disambangi di zona ini, yaitu Panmunjom dan pos pengamatan Dinding Beton atau Concrete Wall yang menghadap sistem anti tank Korea Selatan di ujun zona perjanjian.

Selain itu ada pula beberapa lokasi lain yang tak kalah menarik yakni terowongan infiltrasi, Freedom Bridge yang dibarikade, Taman Perdamaian Nuri, Observatorium Dora dan Observatorium Gunung Odu.

Di Gunung Odu, wisatawan dapat menikmati pemandangan semenanjung 360 derajat dengan menggunakan teropong.

Dari lokasi ini Anda dapat melihat kota-kota modern dan mobil-mobil Korea Selatan di satu sisi, dan lansekap berawa di sisi sebaliknya.

Meski sepi, bila cukup beruntung Anda dapat melihat burung elang, beruang, kambing hingga rusa.

Beberapa tur juga memberikan kesempatan kepada pelancong untuk hiking hingga berbicara dengan warga Korea Utara yang tinggal di zona demiliterisasi.

"Ada beberapa petani yang tinggal di dalam DMZ di sisi utara. Pada umumnya, kehidupan Korea Utara sangat sulit," ucap Simon.

Cockerell mengaku sudah ratusan kali membawa pelancong ke tempat tersebut dan memiliki banyak kenangan indah.

"Hal paling aneh yang pernah terjadi adalah ketika Dennis Rodman menyanyikan 'selamat ulang tahun' untuk Kim Jong Un pada tahun 2014. Itu tidak terduga dan sangat tidak biasa," tuntasnya.



Close Ads X