Mengintip Zona Demiliterisasi di Korea

Kompas.com - 10/03/2019, 14:36 WIB
Seorang turis berfoto di Goseong Unification Observatory yang berada di Zona Demiliterisasi Korea. CNNSeorang turis berfoto di Goseong Unification Observatory yang berada di Zona Demiliterisasi Korea.

KOMPAS.com - Apa saja tempat yang bakal Anda sambangi ketika bertandang ke Korea?

Barang kali zona demiliterisasi bisa menjadi salah satu lokasi yang patut Anda pertimbangkan.

Selain menjadi salah satu kawasan perbatasan di dunia yang paling banyak dijaga militer, tempat ini juga menjadi menjadi magnet turis.

Berdasarkan catatan Organisasi Pariwisata Korea yang dilansir CNN, tak kurang dari 1,2 juta pelancong yang datang ke tempat ini setiap tahunnya.

Saat menyambangi tempat selebar 2,5 mil ini, Zona Kawasan Bersama (JSA) dan zona gencatan senjata Panmunjom ada di benak Anda.

Panmunjom mudah dikenali karena Ruang Konferensi Komisi Gencatan Senjata Militernya yang berwarna biru dan melintasi garis demarkasi militer.

Sedikit mengejutkan, karena lokasi ini dilindungi oleh kawat berduri dan personel militer. Bahkan, mantan Presiden AS Bill Clinton yang menyambangi tempat ini pada 1993 menyebutnya sebagai tempat paling menakutkan di bumi.

"Panmunjom merupakan bagian dari Zona Demiliterisasi yang paling banyak dikunjungi dari kedua belah pihak," ucap Direktur Pelaksana Koryo Tours, Simon Cockerell.

"Di tempat ini, kamu bisa melihat garis depan perbatasan dari dekat dan bahkan melintasi di dalamnya (ruang konferensi)," imbuh Simon.

Ada dua tempat yang paling menarik untuk disambangi di zona ini, yaitu Panmunjom dan pos pengamatan Dinding Beton atau Concrete Wall yang menghadap sistem anti tank Korea Selatan di ujun zona perjanjian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X