Soal Dana Talangan Rp 5 Triliun, BUJT Diminta Tak Khawatir

Kompas.com - 05/03/2019, 10:16 WIB
Ruas Tol Pejagan-Pemalang. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRRuas Tol Pejagan-Pemalang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT) diminta tak perlu khawatir soal keterlambatan pemerintah dalam melunasi pinjaman dana talangan tanah.

Pasalnya, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memiliki alokasi anggaran yang cukup untuk melunasi dana talangan yang telah dibayarkan.

Kekhawatiran soal lambatnya penggantian dana talangan ini sebelumnya diungkapkan sejumlah BUJT. Sebab, tunggakan tersebut mengganggu arus kas dan berpotensi pekerjaan proyek lainnya.

"Jelas mengganggu karena awal jalan tol beroperasi pasti tekor. Harus ada top up dari pemegang saham," ungkap Direktur Utama PT Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto melansir dari Kontan, Minggu (3/3/2019).

Pada akhir 2019 lalu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyurati LMAN. Isinya, BUJT telah membayar 7.934 bidang lahan sepanjang 13 Oktober 2018 hingga 18 Januari 2019 senilai total Rp 5,03 triliun.

Sementara itu, Herwidiakto menuturkan, pihaknya telah menalangi pembebasan lahan sebesar Rp 6,3 triliun.

Dari jumlah tersebut, Rp 1,7 triliun tidak diproses karena berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN).

Mekanisme

Sesuai aturan, penggantian dana pengadaan tanah dilakukan LMAN setelah memverifikasi dan audit dokumen yang diserahkan BUJT lewat BPJT.

LMAN kemudian meminta bantuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dalam proses audit tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X