Kompas.com - 04/03/2019, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60,47 kilometer merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa di Jawa Barat dengan status proyek strategis nasional (PSN).

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong rampungnya pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) khususnya Seksi I dan II sepanjang 27,62 kilometer.

Kendati demikian, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) belum dapat memastikan waktu penyelesaian tol dengan taksiran total biaya konstruksi keseluruhan sekitar Rp 8,4 triliun ini.

"Tol Cisumdawu termasuk sulit. Terutama Seksi I dan II, karena ada terowongannya. Jadi, belum ada gambaran kapan tuntas," ungkap Anggota BPJT Kuntjahjo dalam paparan perkembangan Tol Cisumdawu, di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Padahal tol ini dianggap krusial, karena berpotensi meningkatkan bangkitan perjalanan, atau mobilitas masyarakat Jawa Barat.

Baca juga: LMS Optimis Konstruksi Tol Akses Bandara Kertajati Dimulai Kuartal II

Terutama dari arah selatan (Bandung) yang ingin menuju Bandara Kertajati di Majalengka. 

Tol ini juga menghubungkan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dengan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang telah beroperasi.

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).Dokumentasi Kementerian PUPR Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).
Selain terowongan, masalah pembebasan lahan pada Seksi IV hingga VI juga belum dapat dilaksanakan. 

"Hingga saat ini belum ada pengadaan lahan. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)-nya masih konsentrasi merampungkan Seksi III," imbuh Kepala Bagian Umum BPJT Mahbullah Nurdin.

Saat ini konstruksi Seksi III sudah berada pada level 59,09 persen dan ditargetkan selesai September 2019.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.