8 Cara Aman Berinvestasi Properti

Kompas.com - 03/03/2019, 15:31 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.com Ilustrasi.

KOMPAS.com – Kebanyakan orang mengganggap bahwa investasi di sektor properti merupakan cara yang relatif aman untuk menanamkan uangnya.

Namun, bukan berarti tidak ada kendala. Investor properti tetap harus waspada akan berbagai masalah yang kemungkinan bisa terjadi pada kemudian hari.

Menurut Peter Mindenhall dari situs online properti Inggris IPIN Global, investor harus memiliki strategi dan aturan yang bisa diikuti, selain terus aktif mengikuti perkembangan pasar.

Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan peluang untuk menjadi investor properti yang sukses.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam melakukan investasi properti:

1. Fokus yang jelas

Menentukan apa yang Anda inginkan dari investasi properti merupakan salah satu faktor penting. Beberapa contoh seseorang membeli properti yaitu untuk memiliki aset demi kepentingan bisnis, misalnya kantor.

Kemudian, ada pula yang mempunyai rumah kosong yang hanya dikunjungi saat liburan akhir pekan dan musim liburan panjang.

Ada juga orang yang membeli properti dengan maksud yang pernting memilikinya terlebih dahulu, walaupun tidak ditempati dan bahkan dibiarkan begitu saja dalam waktu lama.

2. Tentukan jangka waktunya

Mengetahui apa yang Anda inginkan akan menentukan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal itu juga memengaruhi bentuk investasi apa yang Anda cari.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pengembalian dalam waktu singkat, tentunya akan disertai dengan biaya yang lebih tinggi dan lebih berisiko.

3. Gunakan pinjaman sesuai kemampuan

Halaman:



Close Ads X