Pos Jaga Abad ke-12 Diubah Jadi Rumah Tinggal

Kompas.com - 26/02/2019, 21:30 WIB
Terdapat penambahan kolam renang yang terhubung dengan dapur dan tangga baja untuk menuju ke lantai dua. Nico Van der Muelen Terdapat penambahan kolam renang yang terhubung dengan dapur dan tangga baja untuk menuju ke lantai dua.

KOMPAS.com - House Cicaleto merupakan bekas rumah pertanian di salah satu wilayah pedesaan Italia.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai pos atau menara jaga yang telah diubah menjadi rumah pertanian.

Lantai pertama rumah yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan pertanian, sementara lantai kedua digunakan sebagai tempat tinggal.

Lalu pada tingkat mezanine difungsikan sebagai penyimpanan jerami.

Uniknya, bangunan yang digunakan merupakan struktur yang telah ada sejak abad ke-12.Nico Van der Muelen. Uniknya, bangunan yang digunakan merupakan struktur yang telah ada sejak abad ke-12.
Uniknya, bangunan yang digunakan merupakan struktur yang telah ada sejak abad ke-12.

Kini, bangunan tua tersebut direnovasi dan akan digunakan sebagai rumah tinggal. Pengerjaan renovasi dilakukan oleh arsitek Nico Van der Muelen.

Karena letaknya berdekatan dengan situs peninggalan masa Romawi serta usianya yang tergolong sudah tua, maka pengerjaan renovasi rumah harus melalui persetujuan dewan setempat.

Proses pengajuan ini memakan waktu selama tiga tahun.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai pos atau menara jaga yang telah diubah menjadi rumah pertanian dan kini menjadi rumah tinggal.Nico Van der Muelen Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai pos atau menara jaga yang telah diubah menjadi rumah pertanian dan kini menjadi rumah tinggal.
Akhirnya proyek renovasi diizinkan namun dengan tidak mengubah bentuk asli.

Bangunan aslinya terbuat dari batu, sehingga proyek renovasi ini harus menggunakan bahan yang hampir sama dengan struktur asli.

Arsitek kemudian menggunakan batu yang mudah ditemukan di sekitar situs. Batu yang ada diteliti kemudian dibangun kembali dan diaplikasikan baik pada eksterior maupun interior rumah.

Karena letaknya berdekatan dengan situs peninggalan masa Romawi serta usianya yang tergolong sudah tua, maka pengerjaan renovasi rumah harus melalui persetujuan dewan setempat.Nico Van der Muelen Karena letaknya berdekatan dengan situs peninggalan masa Romawi serta usianya yang tergolong sudah tua, maka pengerjaan renovasi rumah harus melalui persetujuan dewan setempat.
Selain itu, arsitek juga menggunakan kembali kayu dan balok, bahkan beberapa ada yang didaur ulang. Interior rumah menawarkan nuansa eklektik.

Warna batu yang dominan diimbangi dengan nuansa kayu dan baja berwana hitam. Sedangkan lantai dilapisi dengan bahan resin. Pintu rumah dibuat dari balok kayu ek daur ulang lengkap dengan pegangan baja.

House CicaletoNico Van der Muelen House Cicaleto
Untuk memberikan kesan mewah pada rumah bekas pertanian ini, maka pada ruang makan diberi patung karya Regardt yang berjudul "Weathered".

Selain itu, terdapat penambahan kolam renang yang terhubung dengan dapur dan tangga baja untuk menuju ke lantai dua.




Close Ads X