Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Bayar Tol Tanpa Berhenti Diberlakukan

Kompas.com - 25/02/2019, 13:35 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana penerapan multi lane free flow (MLFF) atau sistem transaksi pembayaran di tol tanpa berhenti ditargetkan dapat terealisasi pada 2020.

Saat ini, pemerintah telah memberikan kesempatan kepada calon investor untuk melakukan studi kelayakan atau feasibility studies guna mengetahui efektivitas penerapan kebijakan tersebut.

"Tahun depan kami harapkan dapat dioperasikan di beberapa ruas. Nanti tidak ada lagi gate, tinggal nanti masyarakat menjalankan kendaraannya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit saat berbincang dengan sejumlah awak media di kantornya, Senin (25/2/2019).

Baca juga: Dalam 3 Tahun Indeks Kecelakaan di Tol Cipali Menurun

Menurut dia, saat ini ada beberapa perusahaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang sudah mengajukan inisiatif untuk menjadi badan usaha pemrakarsa.

Adapun perusahaan dari luar negeri ada yang berasal dari Hongaria, Korea, hingga Taiwan.

"Empat negara itulah yang sedang menjajaki. Meski tidak tertutup kemungkinan bagi negara lain karena negara lain belum mengetahui kita punya rencana ini," kata Danang.

BPJT, menurut dia, memberikan waktu delapan bulan bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk melakukan uji kelayakan. Setelah itu, proses tender akan dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com