Agar Makin Dilirik Milenial, Ini Trik Merancang Hotel "Instagramable"

Kompas.com - 22/02/2019, 08:00 WIB
Interior Hotel Sol House Legian Bali. Kompas.com / Hilda B AlexanderInterior Hotel Sol House Legian Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan bisnis hotel yang kian ketat membuat pengelola harus berpikir keras menghadirkan konsep hotel yang berbeda dari hotel lainnya. Semakin instagramable, maka akan semakin dilirik terutama kalangan milenial.

Wakil Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat Dina Hartadi mengatakan hotel yang instagramable  menjadi pilihan pertama milenial dalam menentukan lokasi mereka menginap.

Mereka umumnya mencari informasi dan kondisi penilaian hotel tersebut dari media sosial yang biasa mereka gunakan.

"Kita tahu saat ini para milenial itu ikut mengubah cara mendesain hotel. Perilaku mereka yang kerap mengunggah foto melalui media sosial menuntut pihak hotel menghadirkan desain yang baik, agar mendapatkan kesan yang baik," kata Dina di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Perluas Pasar, RedDoorz Buka 400 Hotel di Jawa Tengah

Lantas, bagaimana menghadirkan hotel yang instagramable?

Menurut dia, hotel yang masuk kategori tersebut tidak dilihat dari seberapa besar luas kamar yang dimiliki.

Meski kamarnya tidak terlalu besar asal cukup fungsional dan mampu memberikan suasana baru hal itu sudah cukup.

Hotel instagramable lebih dilihat pada konsepnya. Misalnya untuk boutiqe hotel, maka yang dilihat adalah bagaimana style yang digunakan pada hotel tersebut.

"Tinggal bagaimana interior desainer menggabungkan narasi, dan pengalaman para tamu dengan gaya berbeda-beda," imbuh Dina.

Contoh lainnya yaitu hotel bertema industrial. Pemilihan warna cat, peletakan ornamen lampu hias, hingga ragam furnitur yang memperkuat ekspresi industrial harus menjadi syaratnya.

Dalam menghadirkan hotel yang instagramable, Dina menekankan, tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan desainer interior dalam merancang tampilannya.

Perlu adanya dukungan dari para pelaku industri furnitur dan kerajinan yang menghadirkan produk-produk yang memperkuat aksen konsep hotel yang akan diusung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X