Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Makin Dilirik Milenial, Ini Trik Merancang Hotel "Instagramable"

Kompas.com - 22/02/2019, 08:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan bisnis hotel yang kian ketat membuat pengelola harus berpikir keras menghadirkan konsep hotel yang berbeda dari hotel lainnya. Semakin instagramable, maka akan semakin dilirik terutama kalangan milenial.

Wakil Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat Dina Hartadi mengatakan hotel yang instagramable  menjadi pilihan pertama milenial dalam menentukan lokasi mereka menginap.

Mereka umumnya mencari informasi dan kondisi penilaian hotel tersebut dari media sosial yang biasa mereka gunakan.

"Kita tahu saat ini para milenial itu ikut mengubah cara mendesain hotel. Perilaku mereka yang kerap mengunggah foto melalui media sosial menuntut pihak hotel menghadirkan desain yang baik, agar mendapatkan kesan yang baik," kata Dina di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Perluas Pasar, RedDoorz Buka 400 Hotel di Jawa Tengah

Lantas, bagaimana menghadirkan hotel yang instagramable?

Menurut dia, hotel yang masuk kategori tersebut tidak dilihat dari seberapa besar luas kamar yang dimiliki.

Meski kamarnya tidak terlalu besar asal cukup fungsional dan mampu memberikan suasana baru hal itu sudah cukup.

Hotel instagramable lebih dilihat pada konsepnya. Misalnya untuk boutiqe hotel, maka yang dilihat adalah bagaimana style yang digunakan pada hotel tersebut.

"Tinggal bagaimana interior desainer menggabungkan narasi, dan pengalaman para tamu dengan gaya berbeda-beda," imbuh Dina.

Contoh lainnya yaitu hotel bertema industrial. Pemilihan warna cat, peletakan ornamen lampu hias, hingga ragam furnitur yang memperkuat ekspresi industrial harus menjadi syaratnya.

Dalam menghadirkan hotel yang instagramable, Dina menekankan, tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan desainer interior dalam merancang tampilannya.

Perlu adanya dukungan dari para pelaku industri furnitur dan kerajinan yang menghadirkan produk-produk yang memperkuat aksen konsep hotel yang akan diusung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com