IKEA Uji Coba Sistem Pertukaran Barang Bekas

Kompas.com - 21/02/2019, 21:30 WIB
IKEA PIXABAYIKEA

KOMPAS.com - Peritel furnitur, IKEA, terkenal dengan barang-barangnya yang inovatif. Kini, peritel asal Swedia tersebut sedang menguji coba sistem pertukaran perabot di Edinburgh, Skotlandia.

Uji coba telah dilaksanakan selama satu tahun. Pelanggan di Edinburgh dapat menukar furnitur bekas mereka dengan voucher hadiah.

Barang bekas dari pelanggan tersebut diperbarui dan dijual di area khusus. Juni nanti, jaringan bisnis perabot tersebut mengumumkan rencana untuk meluncurkan percobaan ini di Glasgow.

Baca juga: Terbesar di Dunia, IKEA Bangun Toko 150 Kali Lapangan Basket

Program serupa sudah ditawarkan di jaringan lain di Jepang dan Spanyol. Menurut situs IKEA Spanyol, konsumen harus mengisi formulir dan melampirkan foto item furnitur IKEA lama yang ingin ditukar.

Kemudian seorang karyawan akan mengevaluasi perabot yang diinginkan lalu memberikan penawaran. Selanjutnya, konsumen harus membawa barang tersebut ke toko.

Nantinya barang bekas itu akan dipajang di tempat khusus dan dijual sesuai dengan harga yang diberikan kepada pembeli pertama.

Sementara di Swiss, peritel furnitur itu akan meluncurkan skema penyewaan barang. Program ini memungkinkan pelanggan untuk menyewa furnitur dari toko. Setelah dikembalikan, perabot tersebut akan diperbaharui dan disewakan kembali.

"Alih-alih membuangnya, kami memperbaruinya sedikit dan kami bisa menjalnya, memperpanjang siklus hidup produk," ujar Chief Executive IKEA, Torbjorn Loof.

Hal ini menunjukkan dedikasi merek furnitur ini pada bisnis sirkular dengan menawarkan skema pembelian dan penjualan kembali.

Lebih lanjut, skema ini juga mampu mencegah banyaknya barang yang dibuang oleh pemilik terdahulu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber WEFORUM
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X