Mengenal HGU, Status Ratusan Ribu Hektar Lahan Milik Prabowo

Kompas.com - 18/02/2019, 14:30 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat debat putaran kedua Pilpres 2019, kandidat petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut rivalnya, Prabowo Subianto, menguasai 220.000 hektar lahan di Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan penguasaan lahan Prabowo di kawasan lain, yakni Aceh Tengah.

"Juga di Aceh Tengah 120.000 hektar," kata Jokowi di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jika diakumulasikan, total luas lahan yang dikuasai Prabowo mencapai 340.000 hektar.

Menanggapi hal ini, Prabowo mengaku tidak hanya menguasai ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan Timur, tetapi juga lahan di sejumlah lokasi lain.

Baca juga: Prabowo Akui Kuasai 340.000 Hektar Lahan di Kaltim dan Aceh Tengah

Namun, menurut dia, status lahan tersebut merupakan tanah negara. Karena itu, ia menyatakan siap menyerahkan lahan tersebut apabila sewaktu-waktu negara membutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya minta izin, tadi disinggung tentang tanah yang katanya kami kuasai di berbagai tempat. Itu benar. Tapi, itu adalah hak guna usaha (HGU), itu adalah milik negara," kata Prabowo.

Apa yang dimaksud HGU?

Berdasarkan Pasal 28-34 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, HGU adalah hak mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara guna perusahaan pertanian, perikanan, atau peternakan.

HGU yang diberikan luasnya paling sedikit 5 hektar, dengan ketentuan jika luasnya 25 hektar atau lebih harus memakai investasi modal yang layak dan teknik perusahaan yang baik sesuai dengan perkembangan zaman. HGU ini sifatnya dapat beralih dan dialihkan kepada pihak lain.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X