Jokowi Bagikan Konsesi 2,6 Juta Hektar Hutan Sosial dalam Dua Tahun

Kompas.com - 17/02/2019, 21:27 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres yakni capres nomor urut 01 Joko Widodo. dan capres 02 Prabowo Subianto itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres yakni capres nomor urut 01 Joko Widodo. dan capres 02 Prabowo Subianto itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo ( Jokowi) menyampaikan, dalam dua tahun terakhir pemerintah telah membagikan konsesi lewat perhutanan sosial. 

"Baik untuk masyarakat adat untuk hak ulayat untuk petani, nelayan yang dua tahun ini telah kita bagikan konsesi sebesar 2,6 juta hektar," ujar Jokowi dalam debat capres ke II di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menurutnya, hak konsesi tersebut merupakan lahan produktif yang dapat digunakan masyarakat untuk ditanami berbagai jenis tanaman pangan.

"Ada yang ditanami kopi, buah-buahan adanyang jagung banyak artinya tdi hanya memberikan konsesi lahan tapi juga mendampingi agar tanah itu produktif," imbuh Jokowi.

Selain itu, dia mengatakan dalam kurun waktu tersebut, pemerintah telah membagikan lebih dari 12 juta sertifikat kepada masyarakat.

Baca juga: Debat Infrastruktur, Kunci Kemenangan Capres 2019?

Jokowi merinci, pada 2017, telah dibagikan 5 juta sertifikat tanah kepada rakyat. Kemudian 2018 telah dibagikan lebih dari 7 juta sertifikat tanah.

"Agar mereka memiliki hak hukum atas tanah," imbuh dia.

Sertifkat tersebut bisa digunakan untuk agunan dan mengakses permodalan ke bank. Sehingga masyarakat dapat memiliki akses ke sektor keuangan.

"Inilah pentingnya redistribusi asset reforma agraria," pungkas Jokowi.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Visi Misi Capres-Cawapres Bidang Infastruktur

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X