Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus Rp 9,5 Juta Per Meter Persegi, Rumah di Depok Favorit Milenial

Kompas.com - 15/02/2019, 16:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rumah di Jakarta yang makin meroket, dan dinilai tak terkendali, memaksa para calon pembeli rumah mengincar kawasan penyangga seperti Bekasi, Bogor, Depok ataupun Tangerang.  

Ketersediaan lahan serta harga tanah yang relatif lebih murah membuat harga hunian di Bodetabek masih relatif ramah kantong.

Sebut saja Kota Depok. Di kawasan ini, meski harga rumah jauh lebih rendah ketimbang Jakarta, namun sudah menembus angka Rp 9,5 juta per meter persegi.

Bagi milenial dan kalangan profesional muda, angka sebesar ini dianggap masih terjangkau. Terlebih lebih posisi Depok, lebih strategis, dekat dengan Jakarta, serta dapat diakses dengan berbagai moda transportasi publik.

"Tak mengherankan jika Kota Depok menjadi favorit para pencari rumah dari kalangan generasi muda," kata Managing Director Lamudi Indonesia dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (15/2/2018).

Baca juga: Rumah Murah Tipe 36/60 Bisa Dicicil Rp 25.000 Per Hari

Dalam riset terbarunya, Lamudi melaporkan, rumah di kota Depok melalui Google, dicari 30.230 calon pembeli sepanjang 2018.

Menyusul di urutan kedua adalah Kota Bekasi, sepanjang tahun 2018 lalu orang yang mencari informasi rumah di kawasan ini sebanyak 21.870 orang.B

Berikutnya Kota Bogor dengan jumlah pencarian 19.670 orang dan yang terakhir Tangerang dengan total pencarian 13.740 orang.  

Selain strategis dan diapit oleh Jakarta-Bogor, menurut Mart, ada banyak  faktor yang membuat Depok menjadi kota favorit calon pembeli rumah.

"Kota Depok juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur dan transportasi massal yang sangat memadai, contohnya commuter line, bus TransJakarta, Tol Cinere-Jagorawi dan Tol Depok - Antasari," tutur Mart.

Depok juga cocok dijadikan sebagai tempat tinggal untuk pasangan dan profesional muda yang memiliki mobilitas tinggi.

Dengan harga rata-rata Rp 9,5 juta per meter persegi, rumah di Depok bisa dijangkau kalangan menengah.

Rumah-rumah seharga ini bisa ditemui di Cinangka, Pengasinan, Citayam, Bedahan, Cipayung dan Bojongsari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com