Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Scroll", Instalasi Baru di Taman Seni Seoul

Kompas.com - 14/02/2019, 22:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber designboom

KOMPAS.com - Taman Hangang atau Hangang Park kini memiliki ikon baru. Jika sebelumnya, instalasi kursi mirip akar menghiasi wajah area tersebut, kini sebuah paviliun baru akan melengkapi koleksi karya di taman seni ini.

Paviliun baru ini bernama The Scroll, yang merupakan instalasi dan atraksi utama dari pengembangan taman seni di pusat kota Seoul.

Taman Hangang memamerkan 37 karya seni baru yang dikuratori oleh Eun Byungsoo.

Baca juga: Kursi Taman Seoul Dirancang Seperti Akar

The Scroll merupakan struktur utama dari fase pertama pengembangan taman seni. Instalasi ini dirancang oleh MOTOelastico dan dibuat dari material FRP (fiberglass reinforced plastic).

-motoelastico -

Konstruksi paviliun ini merupakan hasil dari kompetisi yang dilakukan secara tertutup. Paviliun ini dirancang dengan panjang 90 meter. Pengunjung dapat beristirahat dan duduk di area instalasi.

Paviliun berbentuk gulungan tersebut tidak hanya sekadar digunakan sebagai tempat istirahat semata, namun juga dapat difungsikan sebagai ruang untuk mengeksplorasi karya seni di sekitarnya.

Sementara bentuk unik dari instalasi ini terinspirasi dari aliran Sungai Han sepanjang 40,5 kilometer yang membelah Seoul.

Struktur instalasi tersebut dibagi menjadi 202 unit, masing-masing mewakili aliran sungai sepanjang 200 meter.

"Kami ingin merayakan dan merekam aliran Sungai Han pada bentuk gulungan monumental, sebuah instalasi memutar yang berbentuk air mengalir," ujar firma MOTOelastico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber designboom


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com