Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Taman Seoul Dirancang Seperti Akar

Kompas.com - 21/11/2018, 16:32 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Hangang atau Hangang Park di Korea Selatan memiliki ikon baru. Kini taman yang berada di Yongsan-gu, Seoul, tersebut dilengkapi dengan instalasi kursi dengan bentuk unik.

Bahkan proposal pembuatan instalasi ini memenangkan Hangan Art Park Competition.

Instalasi yang dinamakan Root Bence ini berfungsi layaknya kursi taman dengan tiga fungsi, kursi anak dengan ketinggian 250 milimeter, kursi dewasa dengan ketinggian 450 milimeter, serta meja dengan ketinggian 75 milimeter.

Instalasi kursi taman di Hangang Park Kyungsub Shin Instalasi kursi taman di Hangang Park
Kursi melingkar ini didesain dengan diameter 30 meter. Struktur instalasi ini terbuat dari baja dan beton yang dilapisi dengan kayu yang dirancang oleh Yong Ju Lee Architecture.

Tekstur kayu yang digunakan terlihat kontras dengan pemandangan rumput luas di Taman Hangang. Namun di sisi lain, kursi taman ini juga terlihat menyatu dengan latar rumput di bawahnya.

Seluruh instalasi kursi taman ini dibuat di atas lahan seluas 700 meter persegi.

Bentuk kursi yang menjalar merupakan interpretasi akar yang keluar secara dinamis dari tanah dan merambat ke seluruh penjuru taman.

Kursi melingkar ini didesain dengan diameter 30 meterKyungsub Shin Kursi melingkar ini didesain dengan diameter 30 meter
Setiap akar tersebut membentuk lingkaran dan berpusat di satu titik di tengah. Bentuknya yang tak biasa bertujuan agar pengunjung dapat melepas lelah sekaligus menikmati keindahan instalasi tersebut.

Uniknya, penempatan setiap kursi maupun meja dalam instalasi ini dirancang menggunakan algoritma dan perhitungan matematis, sehingga setiap instalasi yang dipasang tidak mudah berpindah tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com