Bekas Markas Mata-mata NATO Dijual Rp 17,18 Miliar

Kompas.com - 13/02/2019, 12:34 WIB
Setelah tidak digunakan lagi, kompleks bangunan ini dibeli oleh pengusaha Bob Ferguson dengan harga 500.000 poundsterling pada 2006. DailymailSetelah tidak digunakan lagi, kompleks bangunan ini dibeli oleh pengusaha Bob Ferguson dengan harga 500.000 poundsterling pada 2006.

KOMPAS.com — The Golf Ball merupakan bangunan bekas peninggalan Perang Dunia II. Gedung berbentuk mirip bola golf ini dulunya difungsikan sebagai markas mata-mata NATO yang berada di Skotlandia. 

Di dalam kompleks yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar ini terdapat berbagai peralatan perang seperti radar pendeteksi rudal balistik dan alat komunikasi.

Baca juga: Markas Avengers di Merauke Ini Telan Biaya Rp 89,9 Miliar

Selama 20 tahun, Radome berfungsi untuk mencegat komunikasi satelit, misalnya perintah peluncuran rudal balistik Rusia. Dailymail Selama 20 tahun, Radome berfungsi untuk mencegat komunikasi satelit, misalnya perintah peluncuran rudal balistik Rusia.
Meski demikian, kawasan di sekitar kompleks markas ini menawarkan pemandangan pedesaan Skotlandia yang menakjubkan.

Merujuk situs jual-beli properti, Amazing Results, kompleks ini dilego seharga 950.000 poundsterling atau senilai Rp 17,18 miliar.

Bangunan utama dari kompleks ini dibuat dari batu bata yang dilengkapi dengan pembangkit listrik darurat, fasilitas rekreasi, serta kantor.

Adapun bangunan kedua yang dirancang dengan bentuk unik bola golf ini menampung antena parabola raksasa.

Gedung yang disebut Radome ini dibangun dari bahan fiberglass setinggi 18 meter. Struktur bola tersebut dibuka pada 1985 oleh Putri Anne.

Selama 20 tahun, Radome berfungsi untuk mencegat komunikasi satelit, misalnya perintah peluncuran rudal balistik Rusia.

Sama seperti fasilitas umum lainnya, kompleks ini juga dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, garasi, dan tangki diesel. Keseluruhan properti ini dibatasi dengan jeruji besi untuk menunjang keamanan.

Sama seperti fasilitas umum lainnya, kompleks ini juga dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, garasi, tangki diesel. Dailymail Sama seperti fasilitas umum lainnya, kompleks ini juga dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, garasi, tangki diesel.

Setelah tidak digunakan lagi, kompleks bangunan ini dibeli oleh pengusaha Bob Ferguson dengan harga 500.000 poundsterling pada 2006.

Tak jauh dari kompleks ini terdapat dua buah landasan pacu dan menara kontrol yang hanya berjarak 2 menit dari Kota Kinross.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X