Konsumen Masih Berburu Apartemen di Bawah Rp 500 Juta - Kompas.com

Konsumen Masih Berburu Apartemen di Bawah Rp 500 Juta

Kompas.com - 11/02/2019, 14:44 WIB
Pada ajang pameran Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX) yang ditutup Minggu (10/2/2019) di Jakarta Convention Center kemarin, saalah satu yang menarik perhatian konsumen adalah upaya mencari hunian di bawah Rp 500 jutaan, baik rumah maupun apartemen. KOMPAS.COM/M LATIEF Pada ajang pameran Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX) yang ditutup Minggu (10/2/2019) di Jakarta Convention Center kemarin, saalah satu yang menarik perhatian konsumen adalah upaya mencari hunian di bawah Rp 500 jutaan, baik rumah maupun apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada ajang pameran Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX) yang ditutup Minggu (10/2/2019) di Jakarta Convention Center kemarin, hal yang paling menarik perhatian konsumen adalah upaya mencari hunian di bawah Rp 500 jutaan, baik rumah maupun apartemen.

Juni (28), warga Cibubur, Jakarta Timur, misalnya. Dia mengatakan, mencari rumah di bawah Rp 500 juta di pameran tersebut memang ada. Hanya, lokasinya belum cocok. Dia sendiri masih punya kemauan untuk membeli unit apartemen dengan patokan harga yang sama.

"Saya maunya beli rumah, tapi istri maunya apartemen. Jadi, arahnya memang cari hunian yang kecil tapi tidak jauh dari lokasi kerja. Kebetulan di pameran ini ada beberapa yang sesuai pencarian kami," kata Juni.

Bekerja di kawasan Kota Bogor, lanjut dia, Juni bertekad bisa pindah ke kota tersebut lantaran terlalu jauh jarak antara tempat tinggal dan lokasi kerja. Untuk itu, dia rela datang ke pameran untuk bisa cari harga promosi pembelian unit.

"Kalau untuk beli rumah tidak siap, mending pilih apartemen karena nantinya bisa disewakan kalau saya pindah kerja lagi. Kebetulan ada di sini dan kami tertarik," ujarnya saat ditemui di stan Royal Heights Apartment.

Juni mengakui, proyek apartemen tersebut menarik perhatian karena tawaran harganya dibuka mulai Rp 360 juta untuk tipe satu kamar sampai Rp 900 jutaan untuk tipe tiga kamar. Menurut dia, unit apartemen seperti ini cocok dengan pilihan dia dan istri karena dapat dinikmati sekaligus dijadikan instrumen investasi.

"Apalagi harganya masih terjangkau dengan tabungan kami berdua," ucap Juni.

Konsumen seperti Juni saat ini memang tak perlu khawatir, terutama jika dikaitkan anggaran untuk membeli hunian yang bisa dijadikan alat investasi ke depannya. PT Tajur Surya Abadi, pengembang Royal Heights Apartment, membuka lebar peluang tersebut untuk keluarga-keluarga baru dan kaum milenial.

Untuk pasar tersebut ada dua proyek unggulan yang sedang digarap Tajur Surya di kompleks perumahan Royal Tajur, Bogor. Hal itu dituturkan Ardian Hendra, Manajer Proyek Royal Tajur, saat memaparkan unit Royal Heights Apartment dan rumah dua lantai dengan kontur split level di ajang IPEX. 

"Tapi, khusus untuk rumah split level dan upslope level kami lepas dengan harga berkisar Rp 1,1 miliar sampai Rp 1,7 miliar karena pasarnya lebih tinggi lagi," ujar Ardian.

Khusus pada IPEX tahun ini, lanjut Ardian, Tajur Surya memang menyiapkan program promo menarik, seperti proses booking apartemen hanya dengan membayar Rp 5 juta. Proses booking itu bisa langsung akad kredit.

"Lain dengan rumah. Untuk pembelian rumah hanya dengan membayar Rp 19 juta dan kami sediakan hadiah langsung untuk kebutuhan tinggal, seperti AC dan lain-lainnya," kata Ardian.

Menurut Ardian, hingga saat ini angka penjualan Royal Heights Apartment sudah mencapai 82 persen untuk tower A dengan tinggi lima lantai.

"Harga jual saat ini yang sekitar Rp 360 jutaan itu sudah naik sekitar 5 persen dibandingkan dengan harga pre launch karena tower pertama sudah hampir habis. Jadi kami sudah harus siap meluncurkan tower kedua dengan perkiraan harga naik 10 persen dibandingkan harga jual tower satu," kata Ardian.

Dia menambahkan, unit apartemen atau hunian berkontur split level dan upslope sangat menarik. Hal itu karena tren harga properti di kawasan Royal Tajur mengalami kenaikan pada kisaran 12 persen sampai 15 persen per tahun.

Royal Tajur sebenarnya punya banyak pilihan desain rumah yang berorientasi kenyamanan. Saat ini rumah 2 lantai downslope dan upslope yang ditawarkan dengan tipe mulai 72/97,5 di klaster The Avebury. Total unit dipasarkan di klaster ini sebanyak 203 unit.

"Salah satu klaster yang cukup diminati adalah The Bradfield yang sudah terjual sekitar 125 unit rumah dari total 180 unit yang kami tawarkan dan sudah ada serah terima sebanyak seratusan unit," kata Ardian.


EditorLatief

Close Ads X