12 Maret, MRT Jakarta Mulai Uji Coba Operasi untuk Publik

Kompas.com - 04/02/2019, 17:00 WIB
MRT di Depo Lebak Bulus, Selasa (28/8/2018) KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI MRT di Depo Lebak Bulus, Selasa (28/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melalui tahapan konstruksi dan pengujian, proyek MRT Jakarta ditargetkan akan segera memasuki fase Full Trial Run.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (4/2/2019), fase ini dapat dimulai pada 12 Maret 2019, setelah seluruh pengujian dan sertifikasi oleh regulator berjalan sesuai target.

Pada tanggal tersebut, masyarakat sudah dapat mencoba fasilitas MRT Jakarta. Lebih lanjut, fase Full Trial Run akan berlangsung hingga peresmian operasional MRT Jakarta pada minggu terakhir Maret 2019.

Baca juga: MRT Jakarta Gandeng Pesohor Ajak Warga Naik Transportasi Publik

Sementara prosedur dan ketentuan yang diberlakukan pada saat Full Trial Run merupakan kewenangan mutlak dari PT MRT Jakarta.

Namun sebelum menikmati layanan ini, masyarakat harus mendaftar di website MRT Jakarta yang akan diinformasikan kemudian.

Kehadiran MRT Jakarta diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas masyarakat, juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Sebelumnya, MRT Jakarta telah mengampanyekan tagar #UbahJakarta yang juga merupakan salah satu strategi demi meningkatkan perhatian masyarakat akan transportasi ini.

Kendati baru Fase 1 sepanjang 16 kilometer yang beroperasi, namun, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengharapkan kehadiran MRT dapat mengubah gaya hidup masyarakat dalam bertransportasi.

"Kami ingin MRT menjadi katalisator perubahan perilaku publik. Apa yang kami lakukan? Willingness to shift dan perubahan perilaku, ini yang sebetulnya kami pengen banyak gunakan untuk transportasi publik," sambung Hikmat.


 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X