Kompas.com - 18/01/2019, 21:30 WIB
Sebuah kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di KM 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). Jalan retak sepanjang 50 meter tersebut akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana PutraSebuah kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di KM 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). Jalan retak sepanjang 50 meter tersebut akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu membenarkan Tol Pemalang-Batang mengalami keretakan sejak Rabu (16/1/2019) lalu. Namun, ia membantah keretakan mencapai panjang puluhan meter.

"Yang rusak hanya tiga meter, bukan 20 meter seperti diberitakan," kata Alex menjawab Kompas.com, Jumat (18/1/2019) malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerusakan tersebut terjadi tepatnya di KM 321 arah ke Batang, tepatnya di Desa Kalangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Menurut Alex, retaknya jalan bebas hambatan yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember lalu itu disebabkan derasnya hujan.

Baca juga: Belum Sebulan Diresmikan Jokowi, Tol Pemalang-Batang Retak

"Karena hujan terus menerus, air meluap, menggerus tebing hingga longsor," sambung Alex.

Saat ini, ia menambahkan, langkah perbaikan tengah dilakukan dengan memberikan proteksi pada tebing oleh badan usaha jalan tol (BUJT), PT Pemalang Batang Toll Road dengan kontraktor PT Sumber Mitra Jaya (SMJ).

Tol Pemalang-Batang dirancang sepanjang 39,2 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,5 triliun.

Tol ini terdiri atas dua seksi. Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.