Selama Fungsional, 11.875 Kendaraan Lintasi Tol Manado-Bitung

Kompas.com - 08/01/2019, 12:57 WIB
Tol Manado-Bitung. PT Jasamarga Manado BitungTol Manado-Bitung.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak kurang dari 11.875 kendaraan melintasi Tol Manado-Bitung saat dibuka fungsional sejak 24 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019.

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) mencatat, 5.727 kendaraan melintas dari Kota Manado menuju Bitung. Sementara pada arah sebaliknya, tercatat 6.148 kendaraan.

"Angka tertinggi volume lalu lintas terjadi pada hari Sabtu 5 Januari 2019 sebanyak 2.048 kendaraan," kata Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung dalam keterangan tertulis, Selasa (8/1/2019).

Baca juga: Ada Gempa Magnitudo 7,1, Tol Manado-Bitung Dipastikan Aman

Ia menjelaskan, pembukaan fungsional hanya dilakukan untuk satu arah. Pada 24 Desember hingga 2 Januari, arah yang dibuka adalah dari Manado menuju Bitung.

"Hal ini karena banyak warga Manado yang ingin berlibur saat Natal atau tahun baru di daerah Bitung dan sekitarnya," ungkap George.

Sementara, pada 2 hingga 5 Januari hanya dibuka untuk arus kendaraan dari arah Bitung menuju Manado.

Setelah dibuka fungsional jalan tol tersebut kembali ditutup untuk dilanjutkan proses pembangunannya.

Hingga kini proses pembebasan lahan untuk Seksi 2A Airmadidi-Danowodu dan Seksi 2B Danowodu-Bitung telah mencapai 70,44 persen.

"Untuk pekerjaan konstruksi pada seksi 2A telah mencapai 76,8 persen, sedangkan untuk seksi 2B mencapai 10,6 persen," tutur George.

Ditargetkan, jalan tol ini dapat beroperasi penuh pada awal tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X