Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gempa Magnitudo 7,1, Tol Manado-Bitung Dipastikan Aman

Kompas.com - 30/12/2018, 12:12 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara diguncang gempa bumi bermagnitudo 7,1, Sabtu (29/12/2018). Tak terkecuali wilayah Manado, ibu kota provinsi tersebut.

Lantas bagaimana nasib proyek Tol Manado-Bitung yang kini tengah digarap?

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru memastikan, gempa tersebut tidak memberikan dampak pada proyek yang digarap PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) itu.

"Di proyek mabit (Manado-Bitung) tidak berdampak. Proyek jalan terus," kata Heru dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Baca juga: Senin Ini, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional

Untuk diketahui, sebagian ruas tol ini dibuka fungsional dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2019. Ruas yang dibuka yakni Seksi 1B dan 2A Airmadidi-Danowudu sepanjang 14,5 kilometer.

Terhadap ruas yang dibuka fungsional, Heru menyatakan, saat ini kondisinya cukup aman untuk dilewati masyarakat.

"Jalan fungsional jalan terus," sambung dia.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mencatat terjadinya gempa bermagnitudo 7,1, berpusat di 201 kilometer timur laut Kepulauan Talaud, Sulut, di kedalaman 69 kilometer.

Sejumlah kota terkena guncangannya antara lain Molonguane Talaud, Tahuna Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Ternate, dan Jailolo.

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/12/2018) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com