Ada Gempa Magnitudo 7,1, Tol Manado-Bitung Dipastikan Aman

Kompas.com - 30/12/2018, 12:12 WIB
Tol Manado-Bitung. PT Jasamarga Manado BitungTol Manado-Bitung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara diguncang gempa bumi bermagnitudo 7,1, Sabtu (29/12/2018). Tak terkecuali wilayah Manado, ibu kota provinsi tersebut.

Lantas bagaimana nasib proyek Tol Manado-Bitung yang kini tengah digarap?

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru memastikan, gempa tersebut tidak memberikan dampak pada proyek yang digarap PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) itu.

"Di proyek mabit (Manado-Bitung) tidak berdampak. Proyek jalan terus," kata Heru dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Baca juga: Senin Ini, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional

Untuk diketahui, sebagian ruas tol ini dibuka fungsional dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2019. Ruas yang dibuka yakni Seksi 1B dan 2A Airmadidi-Danowudu sepanjang 14,5 kilometer.

Terhadap ruas yang dibuka fungsional, Heru menyatakan, saat ini kondisinya cukup aman untuk dilewati masyarakat.

"Jalan fungsional jalan terus," sambung dia.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mencatat terjadinya gempa bermagnitudo 7,1, berpusat di 201 kilometer timur laut Kepulauan Talaud, Sulut, di kedalaman 69 kilometer.

Sejumlah kota terkena guncangannya antara lain Molonguane Talaud, Tahuna Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Ternate, dan Jailolo.

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/12/2018) siang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X