Rajin Bersihkan Rumah Bikin Anda Sehat

Kompas.com - 06/01/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu FreshomeIlustrasi ruang tamu

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang membersihkan rumah adalah kegiatan yang menjenuhkan. Hanya sebagian kecil orang yang memandang bahwa mencuci piring, melipat pakaian, menyapu dan mengepel lantai adalah bagian dari upaya kita untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Kok bisa?

Dikutip dari Better Homes and Gardens, menyelesaikan pekerjaan rumah sehari-hari tak hanya akan membuat rumah menjadi bersih, tetapi juga akan menjernihkan pikiran dan membuatnya lebih terasa damai.

"Ketika kita sengaja melakukan sesuatu dalam hidup kita dengan cara yang mengundang kemudahan dan kedamaian, itu akan terasa berbeda daripada jika kita melakukan sesuatu karena stres atau kewajiban," ungkap seorang psikolog, Ariane Machin.

"Mengambil perhatian pendekatan terhadap apa yang kita lakukan akan memunculkan rasa menenangkan pada sistem tubuh kita, meningkatkan aliran oksigen, dan berkontribusi terhadap diri sendiri atas rasa puas," imbuh dia.

Menyelesaikan tugas-tugas kecil dan mudah juga diyakini akan meningkatkan perhatian seseorang terhadap tugas-tugas yang lebih besar dan menegangkan.

Hal itu disebabkan menyelesaikan tugas sederhana seperti menyedot debu, secara bersamaan membuat Anda terhindar dari perasaan penuh tekanan dan memberikan rasa kepuasan atas pencapaian yang telah dilakukan.

Pada akhirnya, menyelesaikan pekerjaan rutin di rumah tidak hanya sekedar diperlukan, tetapi juga membantu Anda untuk menyehatkan pikiran dan tubuh.

Dengan demikian, bila suatu saat Anda harus dihadapkan pada pekerjaan seperti mencuci pakaian, melipat pakaian yang kering, menyapu dan membersihkan debu, jangan terlebih dahulu mengeluh.

Pertimbangkan manfaat positif yang bisa Anda dapatkan dari menyelesaikan hal-hal tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X