Bowery CitizenM, Hotel Modular Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 02/01/2019, 16:00 WIB
Bowery CitizenM Hotel dibangun dari 210 unit komponen modular. Chris CooperBowery CitizenM Hotel dibangun dari 210 unit komponen modular.

KOMPAS.com - Model bangunan modular kini banyak dikembangkan. Selain apartemen, saat ini hotel pun juga dapat dibangun dengan sistem ini. Salah satunya adalah Bowery CitizenM Hotel di New York.

Hotel yang dirancang oleh Stephen B Jacobs Group dengan konsep modular. Setiap unit modul dirancang dengan ukuran 14 x 2 x 2,7 meter atau seluas 15 meter persegi.

Komponen modular yang telah dirakit kemudian dipasang di atas podium.Chris Cooper Komponen modular yang telah dirakit kemudian dipasang di atas podium.
Komponen modular terdiri dari dua kamar yang terhubung dengan sebuah lorong kecil.

Selain itu, setiap modul kamar dirancang dengan fasad yang menghadap ke arah jalan utama.

Baca juga: Sekarang, Bangun Apartemen Bisa dengan Sistem Modular

Bowery CitizenM Hotel dibangun dari 210 unit komponen modular.

Bangunan ini bahkan dinobatkan sebagai hotel modular tertinggi di dunia.

Uniknya, setiap unit dirakit di pabrik yang berada di sebelah utara Kota Gdansk, Polandia.

Komponen modular ini terbuat dari baja dengan lantai semen yang dibalult dengan material kayu laminasi.

"Sebagai sebuah brand, fokus utama CitizenM adalah untuk merancang hotel fantastis yang dibangun secara modular," ujar pimpinan Stephen B, Jacobs Group,Isaac-Daniel Astrachan.

"Bagi tim kami, ini merupakan hal besar, karena kami harus menyusun komponen modular agar secara bertumpuk setinggi 15 lantai. Ini merupakan hal yang sedikit rumit dari yang terlihat," lanjut Astrachan.

Meski begitu, tidak semua bagian bangunan terbuat dari komponen modular. Beberapa fungsi seperti lobi, kafe di lantai pertama, dan rooftop hotel dibangun dengan cara tradisional.

Proses pembangunan hotel dimulai dengan mendirikan podium setinggi empat lantai. Kemudian dilanjutkan dengan peletakan lempeng setebal 91 sentimeter.

Komponen modular ini terdiri dari dua kamar yang terhubung dengan sebuah lorong kecil.Chris Cooper Komponen modular ini terdiri dari dua kamar yang terhubung dengan sebuah lorong kecil.
Podium ini nantinya akan menjadi fondasi bagi unit modular yang akan disusun setinggi 15 lantai, sehingga total hotel ini memiliki tinggi 19 lantai.

Setelah pembangunan fondasi selesai, komponen modular yang telah dirakit kemudian dipasang di atas. Meski dibangun secara modular, namun bangunan hotel ini tetap membutuhkan beberapa struktur sebagai penyangga.

Sebelum pemasangan komponen, tim konstruksi memasang beberapa inti beton.

Selain Bowery, CitizenM juga mengoperasikan 13 hotel lain yang juga dibangun dengan sistem modular.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Archpaper
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X