Sekarang, Bangun Apartemen Bisa dengan Sistem Modular

Kompas.com - 12/12/2018, 16:29 WIB
Skender berpendapat, proses ini mampu menggeser kebiasaan dan proses lama dalam konstruksi. SkenderSkender berpendapat, proses ini mampu menggeser kebiasaan dan proses lama dalam konstruksi.

KOMPAS.com - Kontraktor asal Chicago, Skender, sedang mengerjakan proyek pembangunan apatemen dari konstruksi modular.

Nantinya, setiap unit apartemen yang akan dibangun, dirangkai terlebih dahulu, melalui produksi secara masal di pabrik.

Bangunan modular tersebut kemudian diangkut dan disusun di lokasi yang telah direncanakan. Gedung pertama akan dibangun di wilayah West Loop, Chicago.

Unit apartemen modular tersebut akan diangkut dan disusun di lokasi yang telah direncanakan.Skender Unit apartemen modular tersebut akan diangkut dan disusun di lokasi yang telah direncanakan.
Gedung apartemen dari rangkaian apartemen modular ini nantinya akan dibangun setinggi enam lantai dengan total 110 unit.

Tak hanya digunakan sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga akan difungsikan sebagai ruang hotel.

Perusahaan ini juga menyewa jasa 10 orang arsitek beserta desainer interior untuk merancang setiap unit hunian.

"Kami ingin melihat gedung sebagai produk di masa depan," ujar CEO Skender, Mark Skender.

"Seperti yang dilakukan pabrikan," imbuh dia.

Perusahaan ini juga menyewa jasa 10 orang arsitek beserta desainer interior untuk merancang setiap unit hunian. Skender Perusahaan ini juga menyewa jasa 10 orang arsitek beserta desainer interior untuk merancang setiap unit hunian.
Skender berpendapat, proses ini mampu menggeser kebiasaan dan proses lama dalam konstruksi. Menurutnya, dibanding proses pembangunan biasa yang melibatkan beberapa pihak seperti arsitek, kontraktor, sub-kontraktor, dan lain-lain.

Alur kerja seperti itu yang ingin dipangkas oleh Skender. Dia mengungkapkan, alur kerja tradisional ini banyak mengakibatkan miskomunikasi dan menyebabkan penundaan serta kemunduran jadwal.

Setiap unit apartemen yang akan dibangun, dirangkai terlebih dahulu.Skender Setiap unit apartemen yang akan dibangun, dirangkai terlebih dahulu.
Pembangunan gedung dengan cara ini diyakini dapat memotong ongkos konstruksi hingga 15 persen, sekaligus mempercepat proses pembangunan hingga 40 persen.

Untuk mewujudkan rencana ini, Skender telah merilis purwarupa unit modular pertama mereka. Ruang apartemen ini terdiri dari satu kamar yang sudah dilengkapi dengan berbagai furnitur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X