Arsitek London Rancang Tempat Tidur Khusus Tunawisma

Kompas.com - 27/12/2018, 22:00 WIB
Proyek ini pertama kali dibuat untuk kompetisi pada tahun 2017 yang diselenggarakan oleh badan amal Commonweal Housing. Reed WattsProyek ini pertama kali dibuat untuk kompetisi pada tahun 2017 yang diselenggarakan oleh badan amal Commonweal Housing.

KOMPAS.com - Studio arsitek Reed Watts merancang struktur tempat tidur modular yang terbuat dari panel kayu.

Desain akomodasi sementara ini menawarkan tempat penampungan bagi tunawisma yang tidur di jalanan.

Pod khusus ini dapat dipasang di berbagai ruang seperti bangunan sekolah dan gedung yang biasa dipakai tunawisma untuk beristirahat.

Purwarupa struktur ini pertama kali dipasang di 999 Club serta Housing Justice di Hillingdon. Reed Watts Purwarupa struktur ini pertama kali dipasang di 999 Club serta Housing Justice di Hillingdon.
Setiap struktur terdiri dari panel kayu yang dapat dibongkar pasang.

Setiap panel terbuat dari kayu lapis dengan ketebalan 18 milimeter. Panel ini dapat dirakit manual dengan tangan.

Kemudian, panel-panel tersebut dibangun membentuk kubus dengan tinggi 2,1 meter, panjang 2,1 meter, serta lebar 1,9 meter.

Setiap ruangan dilengkapi dengan kasur yang diletakkan pada sebuah peti.

Ketika diangkat, peti tersebut dapat berubah fungsi menjadi kursi dan area penyimpanan yang aman.

Tak lupa, setiap ruangan juga dilengkapi dengan tirai untuk menjaga privasi setiap orang yang berada di dalamnya.

Bagi setiap orang maupun organisasi yang ingin memanfaatkan desain ini, Reed Watts juga membuat desain yang tersedia secara daring melalui lisensi Creative Commons. 

Arsitek sekaligus co-founder Reed Watts, Matt Watts berharap jika perusahaan lain nantinya akan mengembangkan desain ini menjadi lebih baik.

Hal ini membuat siapa pun yang memiliki fasilitas akan dapat mereproduksi desainnya, sehingga dapat digunakan untuk orang yang membutuhkan.

Proyek ini pertama kali dibuat untuk kompetisi pada tahun 2017 yang diselenggarakan oleh badan amal Commonwealth Housing.

Arsitek sekaligus co-founder Reed Watts, Matt Watts berharap jika perusahaan lain nantinya akan mengembangkan desain ini menjadi lebih baik. 
Reed Watts Arsitek sekaligus co-founder Reed Watts, Matt Watts berharap jika perusahaan lain nantinya akan mengembangkan desain ini menjadi lebih baik.
Badan ini menyerukan gagasan untuk membantu pekerja migran Rumania yang dipaksa mendirikan kemah di taman umum atau underpass.

Purwarupa struktur ini pertama kali dipasang di 999 Club serta Housing Justice di Hillingdon.

Sebelumnya, beberapa pod atau struktur yang dibangun untuk para tunawisma telah banyak dirancang oleh beberapa arsitek. Salah satunya adalah rumah-mikro bambu di Hong Kong dan Bangkok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X