Tingkat Hunian Hotel di Solo Melonjak Jelang Tutup Tahun

Kompas.com - 27/12/2018, 18:00 WIB
Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah.www.accorhotels.com Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru turut mendongkrak okupansi hotel di Kota Solo, Jawa Tengah.

Marketing Communications Manager Novotel Hotel Tiwik Widowati menjelaskan, momen tahun baru ini,  80 persen kamar di Novotel dan Ibis Styles Solo sudah terisi.

Periode penuh berada pada tanggal 22-26 Desember 2018 dan 27 Desember 2018 - 1 Januari 2019. Tiwik optimistis, 20 persen sisanya akan terisi penuh.

"Tinggal 20 persen nanti kami optimistis pasti penuh untuk walking guest dan direct booking," ujar Tiwik kepada Kompas.com, Kamis (27/12/2018).

Baca juga: Hotel Mewah Milik Orang Indonesia Diresmikan Menpar Australia

Menurut dia, kamar hotel sudah terisi penuh sejak 22 Desember 2018 karena bertepatan dengan libur sekolah.

"Kebetulan ini pas bareng dengan Haul Habib juga," lanjut Tiwik.

Selama musim liburan ini, pihaknya tidak memberlakukan tarif atau diskon khusus. Harga khusus hanya diberikan untuk pemegang membership saja.

Hal yang sama juga terjadi di Syariah Hotel Solo. Public Relation Manager Syariah Hotel Solo Paramita Sari Indah W mengatakan, dibanding dengan tahun lalu, jumlah tamu pada musim liburan ini mengalami kenaikan.

"Dibanding tahun lalu, alhamdulillah kami ada positive growth," ujar Mita.

Mita menambahkan, pada periode tanggal 26-31 Desember 2017 tercatat okupansi sebesar 41 persen sedangkan pada periode yang sama tahun 2018, tingkat okupansi meningkat menjadi 75 persen.

"Jadi ada kenaikan sekitar 35 persen dari 360 kamar atau 126 kamar rata-rata," jelas Mita.

Selain itu, okupansi di Alila Hotel juga mengalami kenaikan secara parsial pada momen libur panjang kali ini, dibanding tahun lalu.

"Untuk harga khususnya sendiri mulai dari tanggal 20 Desember sudah masuk ke rate compulsary yang sudah termasuk paket gala dinner concert untuk acara New Year's Eve pada 31 Desember besok," tutur Public Relation and Event Assistant Manager Alila Hotel Solo Tessa Puji Astuti.

Selain itu, selama musim liburan ini, mayoritas hotel diisi oleh tamu domestik dari beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X