Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis Ini, Presiden Resmikan Tujuh Ruas Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 20/12/2018, 08:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan tujuh ruas tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa pada Kamis (20/12/2018).

Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura).

Kemudian, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Menurut rencana, peresmian ini akan dilakukan di dua lokasi secara berurutan. Lokasi pertama yaitu di ruas tol Bandar-Kertosono pada Kamis pagi dan lokasi kedua di Jembatan Kalikuto ruas tol Batang-Semarang pada harinya.

Baca juga: Tujuh Ruas Tol Trans-Jawa Siap Diresmikan

Panjang total ketujuh ruas tol tersebut yakni 201 kilometer. Setelah seremoni peresmian rampung, masing-masing tol itu akan dicek kembali kesiapannya oleh pihak terkait dan segera dioperasikan pada hari ini juga.

Sesuai data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sesudah peresmian itu maka Tol Trans-Jawa dari Merak sampai Surabaya akan tersambung dengan panjang 870 kilometer.

Dari angka tersebut, sepanjang 640 kilometer sudah beroperasi, sedangkan sisanya lebih dari 200 kilometer siap dioperasikan.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak empat ruas tol yang akan diresmikan itu adalah milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk Marga, yaitu Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, dan Tol Semarang-Solo Seksi 4-5 Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer.

Kemudian, Tol Ngawi-Kertosono Seksi IV Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometer, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 3 Pasuruan Grati sepanjang 13,6 kilometer. 

Direktur Operasional II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, setelah peresmian ini diharapkan jalan tol tersebut, masyarakat bisa memanfaatkannya pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2019.

"Jadi kami buka setelah diresmikan Presiden. Kalau rencana tanggal 20, setelah itu langsung kami buka 20 malamnya. Setelah upacara bersih, kami buka kemungkinan langsung malamnya," ujar Subakti di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Mengenai tarif, jalan tol tersebut akan dibuka secara gratis untuk sementara hingga nantinya surat keputusan diterbitkan oleh Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com