Tujuh Ruas Tol Trans-Jawa Siap Diresmikan

Kompas.com - 20/12/2018, 07:46 WIB
Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.Baihaki/KONTAN Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Tujuh ruas tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa akan beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12/2018) ini.

Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura).

Selanjutnya, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Sesuai rencana, peresmian ini akan dilakukan di dua lokasi secara berurutan. Lokasi pertama yaitu di ruas tol Bandar-Kertosono pada Kamis pagi dan lokasi kedua di Jembatan Kalikuto ruas tol Batang-Semarang pada siang harinya.

Baca juga: Mudik Natal Lewat Tol Trans Jawa, Merak-Pasuruan Rp 575.000

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ruas Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang) terbentang sepanjang 34 kilometer. Dari total panjang Tol Pemalang-Batang 40 kilometer, yang sudah beroperasi 6 kilometer.

Kemudian, Tol Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5 panjangnya 75 kilometer, seluruhnya akan beroperasi secara bersamaan setelah diresmikan.

Lalu, ruas Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura) sepanjang 33 kilometer dari total Tol Semarang-Solo 73 kilometer. Sepanjang 40 kilometer sudah dioperasikan.

Berikutnya, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono memiliki panjang 39 kilometer. Dari panjang keseluruhan Tol Ngawi-Kertosono 87 kilometer, sepanjang 48 kilometer di antaranya telah beroperasi.

Selanjutnya, Tol Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono) panjangnya 1 kilometer. Total panjang Tol Kertosono-Mojokerto adalah 41 kilometer, dan 40 kilometer sudah dioperasikan sebelumnya.

Adapun Tol Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan panjangnya 7 kilometer dari keseluruhan Tol Porong-Gempol 10 kilometer, di mana 3 kilometer telah beroperasi.

Terakhir, Tol Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati) sepanjang 12 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Gempol-Pasuruan sepanjang total 32 kilometer, sejarak 20 kilometer sudah dioperasikan.

Dengan demikian, panjang ketujuh ruas tol yang akan diresmikan tersebut yakni 201 kilometer, sedangkan panjang keseluruhan tujuh ruas tol itu adalah 358 kilometer.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X