Masuk Daftar Orang Terkaya, Pengusaha Ini Juga Main Properti

Kompas.com - 15/12/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi properti FREEPIKIlustrasi properti

KOMPAS.com - Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Dari daftar tersebut, hanya empat orang yang merupakan pengusaha dengan bisnis inti properti, mereka adalah Alexander Tedja, Ciputra, Osbert Lyman, dan Benny Tjokrosaputro.

Baca juga: Empat Taipan Properti Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia

Meski begitu, tak sedikit dari daftar 50 orang itu yang kemudian merambah bisnis properti. Beberapa di antaranya antara lain kaka beradik Robert Budi dan Michael Hartono, Susilo Wonowidjojo, Eka Tjipta Widjaja, Tahir, Chairul Tanjung, hingga Prajogo Pangestu.

Bisnis properti yang mereka rintis sudah diulas panjang lebar oleh Kompas.com. Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini:

Baca juga: Aset Properti Tujuh Orang Terkaya di Indonesia

Sedangkan orang-orang terkaya lainnya di luar daftar 10 besar yang memiliki multibisnis dan juga main properti bisa Anda simak ulasan berikut ini:

1. Mochtar Riady

Nama Mochtar Riady berada di urutan ke 12 dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Forbes mengabarkan, kekayaannya mencapai 2,3 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 33,5 triliun.

Seperti diketahui, Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group yang kini dikelola oleh kedua anaknya, James dan Stephen.

Perusahaan yang ia dirikan kini menggeluti berbagai bisnis seperti ritel, kesehatan, media, dan properti. Khusus properti, asetnya tersebar di Jakarta, Bekasi, Manado, Makassar, Surabaya, Palembang, dan kota-kota lainnya.

Paling menyita perhatian adalah proyek skala kota Meikarta di Cikarang, Jawa Barat.

2. Putera Sampoerna

Orang terkaya ke-13 di Indonesia ini memiliki total kekayaan sebesar 1,8 miliar dollar AS. Melalui Sampoerna Strategic Group, Putera Sampoerna memiliki investasi di bidang pertanian, keuangan, telekomunikasi dan kayu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X