Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bantah BUMN Monopoli TOD

Kompas.com - 12/12/2018, 15:37 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pelat merah mendominasi pembangunan hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi atau transit oriented development (TOD).

Setelah Adhi Commuter Properti, anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengembangkan proyek LRT City di sisi stasiun LRT Jabodetabek, kini mereka mengembangkan proyek TOD bernama Cisauk Point di Stasiun Cisauk.

Hal serupa juga dilakukan Perum Perumnas. Setelah mengembangkan apartemen sederhana milik dan rumah susun sederhana milik di Stasiun Tanjung Barat serta Stasiun Pondok Cina, kini mereka tengah mengembangkan proyek serupa di Stasiun Rawa Buntu.

Kendati terkesan 'mendominasi', Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menampik, perusahaan pelat merah memonopoli proyek tersebut.

"Pembangunan TOD terintegrasi diperuntukkan bagi siapa saja para investor yang berminat," kata Khalawi menjawab pertanyaan Kompas.com, Rabu (12/12/2018).

Hanya, Khalawi tak menyangkal, sejauh ini pembangunan TOD baru dimotori oleh pemerintah, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR di beberapa lokasi.

"Menurut saya, keterlibatan BUMN untuk berkiprah dalam pembangunan TOD ini merupakan upaya untuk memotivasi para investor swasta yang berminat. Jadi tidak ada unsur monopoli," ucap Khalawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com