Unik, Studio Arsitektur Sekaligus Laboratorium - Kompas.com

Unik, Studio Arsitektur Sekaligus Laboratorium

Kompas.com - 30/11/2018, 21:30 WIB
Bangunan ini didesain oleh firma Arquitectonica ROBIN HILL Bangunan ini didesain oleh firma Arquitectonica

KOMPAS.com - Bangunan studio arsitektur milik University of Miami ini menjadi salah satu yang menarik perhaitan di kompleks kampus.

Pasalnya, gedung studio yang dibangun dengan luas lebih dari 1.800 meter persegi ini terbuat dari bahan material beton dan kaca ekspos.

Bangunan yang didesain oleh firma Arquitectonica tersebut memiliki rancangan layaknya sebuah gudang besar, lengkap dengan atap berkubah.

Selain sebagai studio, bangunan ini juga difungsikan sebagai ruang laboratorium serta ruang kolaboratif bagi mahasiswa.

Bentuk atap beton yang melengkung juga menunjukkan elastisitas beton dalam bangunanROBIN HILL Bentuk atap beton yang melengkung juga menunjukkan elastisitas beton dalam bangunan
Gedung ini terletak di pusat persimpangan kampus, sehingga membuatnya menjadi sebuah plaza dan jalur yang menghubungkan lingkungan kampus dengan Miami Metrorail.

Salah satu yang menarik perhatian adalah bentuk atapnya. Atap studio menjadi salah satu penarik perhatian.

Sebab, atap yang juga terbuat dari beton tersebut dirancang seperti lembaran keju yang meleleh pada bagian belakangnya. Bentuk atap yang ditekuk ini juga sekaligus menjadi penyangga struktur bangunan.

Bangunan ini juga difungsikan sebagai ruang laboratorium serta ruang kolaboratif bagi mahasiswa.
ROBIN HILL Bangunan ini juga difungsikan sebagai ruang laboratorium serta ruang kolaboratif bagi mahasiswa.
Selain itu, bentuk atap beton yang melengkung juga menunjukkan elastisitas beton dalam bangunan. Rancangan struktur atap membuat bangunan terasa terbuka sekaligus mengalirkan cahaya masuk ke dalam.

Lebih lanjut, bentuk atap ini menjadikan bangunan terlihat lebih dinamis meski menggunakan material beton ekspos sebagai bahan baku utama.

Material beton eskpos tetap mendominasi dengan tambahan beberapa pipa yang menggantung. ROBIN HILL Material beton eskpos tetap mendominasi dengan tambahan beberapa pipa yang menggantung.
Tak hanya eksterior, interior studio juga dirancang serupa. Material beton eskpos tetap mendominasi dengan tambahan beberapa pipa yang menggantung.

Dari dalam, mahasiswa dapat menikmati pemandangan luar gedung. Ini karena fasad dua buah sisi bangunan terbuat dari kaca.

Ruangan studio juga terbagi menjadi beberapa ruangan. Setiap fungsi ruangan hanya dipisahkan oleh sebuah tirai dan bentuk meja yang berbeda.



Close Ads X