Kompas.com - 28/11/2018, 07:00 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi ruas Sragen-Ngawi, Rabu (28/11/2018) pagi.

Berdasarkan keterangan tertulis PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) yang diterima Kompas.com, Selasa (27/11/2018), setelah diresmikan, masyarakat bisa melewati ruas tol Sragen-Ngawi dengan tarif Rp 0 atau gratis.

Pembebasan tarif ini dilakukan mulai Rabu, 28 November 2018 pada pukul 21.00 WIB. Pemberlakuan tarif Rp 0 akan dilaksanakan selama satu minggu sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan.

Baca juga: 7 Fakta Tol Solo-Ngawi yang Diresmikan Jokowi

Dibukanya ruas tol Sragen-Ngawi yang merupakan tahap ketiga dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi. Secara keseluruhan akan memangkas waktu tempuh masyarakat hingga 50 persen.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Solo-Ngawi secara penuh, akan meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Solo-Ngawi memiliki panjang 90,43 kilometer ini dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi.

Kemudian akan segera dibuka tiga GT tambahan pada awal 2019 yakni GT Bandara Adi Soemarmo, GT Gondangrejo (akses arah purwodadi), serta GT Sragen Timur (Mantingan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.