BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR

Bangun Karakter Aparatur Sipil Negara Lewat Sepeda Santai

Kompas.com - 27/11/2018, 13:35 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018) Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPRKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018)

KOMPAS.com - “Men sana in corpore sano,” begitulah pujangga Decimus Iunius Iuvenalis menorehkannya dalam karyanya Satire X. Istilah berbahasa latin itu pun terus digaungkan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pada abad milenial ini.

Tak bisa dipungkiri, kesehatan fisik dan mental memang saling mendukung. Produktivitas manusia tak mungkin bisa optimal bila tubuhnya sakit. Demikian pula, manusia tak bisa berpikir dengan sehat bila tubuhnya tak sehat.

Berangkat dari situ, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai ( funbike) yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018).

"Dengan berolahraga seperti bersepeda turut memperkuat semangat jiwa dan raga kita untuk bertahan dalam mencapai kemenangan menuju finish. Meski lelah namun terus berusaha sampai finish, itulah semangat yang dimiliki para pegawai PUPR," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Anita Firmanti dalam keterangan tertulis, Senin (26/11/2018).

Gelaran funbike ini juga merupakan bagian dari suatu mission oriented, seperti halnya melaksanakan misi penting pada setiap pekerjaan pembangunan infrastruktur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018)Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018)

"Kita juga dilatih untuk bersifat adil (fairness), karena ketika ada seorang pegawai tidak adil dalam menjalankan pekerjaan, pasti juga berlaku tidak jujur terhadap hasil kerjanya," imbuhnya.

Menurut Anita, untuk menghilangkan rasa tidak adil dan tidak jujur pada setiap pelaksanaan kegiatan, dibutuhkan integritas dalam diri yang mengikat sebuah aturan. Hal ini, tentu saja berkaitan dengan konsep kerja Kementerian PUPR yang pertama, yaitu integritas.

Untuk itu, kata Anita, ketika seseorang tidak memiliki integritas diri, maka dia akan menganggap yang dilakukannya tidaklah penting. Alhasil ia kemudian menjalankan perintah semaunya sehingga melanggar aturan yang sudah dibuat.

Anita melanjutkan, hal yang tidak kalah penting, yakni menanamkan nilai kekeluargaan dan persaudaraan antar unit organisasi.

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018)Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan sepeda santai yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR pada Minggu (25/11/2018)

Perlu diketahui, kegiatan sepeda santai itu merupakan salah satu bentuk peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-73 yang bertema “Bangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa.” Tema tersebut menjadi semangat yang mesti diresapi seluruh ASN Kementerian PUPR.

Lebih jauh lagi, acara sepeda santai ini sekaligus bentuk peringatan dan upaya mengenang jasa para pahlawan Sapta Taruna yang rela berkorban mempertahankan Gedung Kantor Kementerian Pekerjaan Umum di Bandung (sekarang Gedung Sate) dari serangan Belanda pada 3 Desember 1945 lampau.

Funbike tersebut diikuti sekitar 800 peserta baik pejabat tinggi madya, pratama, dan para staff di lingkungan Kementerian PUPR ini.

Adapun jarak yang mesti ditempuh peserta sepanjang 25 kilometer (km). Kegiatan sepeda santai dimulai dari Kampus Kementerian PUPR di Jalan Pattimura memutari kawasan Pangeran Antasari-TB Simatupang-Mampang Prapatan-Semanggi-Jalan Asia Afrika dan berakhir di Kampus PUPR.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya