Klub Malam di London Jadi Rumah Sewa - Kompas.com

Klub Malam di London Jadi Rumah Sewa

Kompas.com - 26/11/2018, 11:10 WIB
Klub malam The Artesian Well di Clapham, London selatan.Lawrie Cornish Klub malam The Artesian Well di Clapham, London selatan.

KOMPAS.com - Sebuah klub malam di London, Inggris, kini berubah menjadi rumah bagi para pekerja muda yang berjuang untuk bisa bertahan hidup di kota itu.

Klub malam itu bernama The Artesian Well yang berlokasi di Clapham, London selatan. 

Suasananya digambarkan seperti tempat pesta pora bertema "Bacchanalian" yang hedonistik, di mana para penggemar kehidupan malam biasanya berdansa sampai dini hari.  

Di tempat ini tersedia 28 kamar untuk disewakan yang terdiri dari dua jenis harga, yaitu 400 poundsterling atau sekitar Rp 7,4 juta per bulan dan 550 poundsterling atau setara Rp 10,2 juta per bulan.

Baca juga: Tahukah Anda, London Bridge Pernah Dijual ke Amerika?

Semua kamar dilengkapi dengan kamar mandi dan shower, serta dapur bersama.

Orang bisa menyewa kamar di sana dengan minimal waktu tiga bulan, dan jika akan keluar, mereka harus melakukan pemberitahuan 28 hari sebelumnya.

Suasana kamar.Lawrie Cornish Suasana kamar.
Para penyewa biasanya berusia 20 sampai 30-an tahun yang bekerja di bidang kesehatan dan pendidikan.

Selain tinggal di sana, mereka pun mendapatkan hak untuk berkonsultasi dengan arsitek atau konsultan properti untuk berdiskusi tentang perubahan yang ingin dilakukan di kamar masing-masing. 

Menurut Lowe Guardian, perusahaan properti yang mengubah klub malam tersebut, biaya itu dinilai sekitar setengah dari harga penyewaan rumah konvensional di tempat lain.

Suasana ruang tengah.Lawrie Cornish Suasana ruang tengah.
Adapun perubahan yang dilakukan di tempat hiburan malam yang sudah kosong dan tidak terpakai itu sambil menunggu perbaikan atau pembangunan kembali.

“Pilihan untuk mengubah bangunan sesuai kebutuhan ini merupakan partisipasi Lowe untuk membantu menyediakan hunian yang terjangkau dan mengikuti tren terkini,” ujar Tim Lowe, pendiri Lowe Guardian, seperti diberitakan Homes and Property.

Dia menambahkan, setiap bangunan memiliki sejarah yang unik dan ini adalah salah satu cara untuk melestarikannya sambil memberi solusi atas mahalnya harga hunian bagi para pekerja di London.



Close Ads X