Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibangun Seminggu, Rumah 3D Dibanderol Rp 3 Juta Per Meter Persegi

Kompas.com - 20/11/2018, 21:14 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Rumah cetak 3D ini dibangun hanya satu minggu, dan dipamerkan dalam ajang Milan Design Week 2018.

Pembangunan rumah ini menggunakan material beton daur ulang.

Dinamakan 3D Housing 05, struktur ini dibangun di Piazza Cesare Beccaria di alun alun Kota Milan.

Bentuk rumah dibangun melengkung, dan merupakan hasil dari pencetakan robot. Robot ini dapat mencetak satu buah sisi dinding hanya dalam waktu 60 menit hingga 90 menit.

Rumah cetak ini juga diklaim separuh lebih murah bila dibandingkan pembangunan rumah dengan cara konvensional.Arup dan CLS Architetti Rumah cetak ini juga diklaim separuh lebih murah bila dibandingkan pembangunan rumah dengan cara konvensional.
Mesin atau robot pencetak didesain oleh Cybe Construction, sebuah perusahaan cetak 3D yang berasal dari Belanda.

Di dalam rumah terdapat beberapa ruang seperti ruang keluarga, kamar mandi, dapur, kamar tidur, serta dilengkapi dengan atap yang juga merupakan teras rumah.

Ilmuwan dari firma Arup dan arsitek dari stusio CLS Architetti merupakan arsitek di balik rancangan struktur seluas 100 meter persegi ini.

CLS Architetti mengatakan, proyek ini merupakan pembuktian bahwa teknologi pencetak 3D atau rumah cetak dapat dibangun dalam waktu singkat.

Selain itu, rumah cetak ini juga diklaim separuh lebih murah bila dibandingkan pembangunan rumah dengan cara konvensional.

Mesin atau robot pencetak ini didesain oleh Cybe Construction, sebuah perusahaan cetak 3D yang berasal dari Belanda. 
Arup dan CLS Architetti Mesin atau robot pencetak ini didesain oleh Cybe Construction, sebuah perusahaan cetak 3D yang berasal dari Belanda.
Menurut salah satu arsitek CLS Arhitetti, Massimiliano Locatelli, pembangunan rumah cetak per meter persegi menelan biaya hingga 1.000 euro atau sekitar Rp 16,6 juta.

Locatelli memprediksi, jika teknologi pembangunan rumah sudah semakin canggih, harga pembangunan per meter persegi diprediksi senilai 200 euro hingga 300 euro atau sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com