Presiden Minta Konstruksi Trans-Papua Dipercepat

Kompas.com - 17/11/2018, 19:32 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi Jalan Trans Papua di KM 84 ruas Jalan Merauke-Sota di Kabupaten Merauke, Jumat (16/11/2018). Biro Pers Setpres / Laily RachevPresiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi Jalan Trans Papua di KM 84 ruas Jalan Merauke-Sota di Kabupaten Merauke, Jumat (16/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekerjaan konstruksi Jalan Trans-Papua belum sepenuhnya rampung. Pemerintah pun memastikan bahwa penyelesaian jalan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Misalnya, untuk ruas Merauke-Sota sepanjang total 78 kilometer. Dari total panjang, 3  kilometer di antaranya belum selesai.

"Tanah di sini memang khas, tanahnya perlu pengerjaan khusus. Kita harapkan akhir bulan ini selesai," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Baca juga: Lewat Trans Papua, Merauke-Boven Digoel Kini Cuma 8 Jam

Pemandangan serupa terlihat pada ruas Sota-Boven Digoel sepanjang 21 kilometer. Untuk ruas tersebut, pemerintah menargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini.

Meski menargetkan untuk dapat diselesaikan dengan cepat, Presiden menekankan bahwa kualitas tetap menjadi prioritas utama. Hal itu untuk menekan biaya pemeliharaan jalan yang memang tidak murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selalu saya tekankan soal kualitas yang baik sehingga bisa dipakai lama. Biaya pemeliharaan jalan-jalan di tengah hutan kan juga mahal. Jadi kalau kualitasnya baik, sekian tahun bisa kita pakai terus," ujar Jokowi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X